STUDI KESIAPAN PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA

RAFLY, MUHAMMAD AIDIR (2020) STUDI KESIAPAN PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-IF-200012_abstract.pdf

Download (823kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26831.html

Abstract

Pandemi Covid-19 yang datang memaksa instansi pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran daring. Program Studi (prodi) S1 Sistem Informasi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya merupakan salah satunya. Akan tetapi berdasarkan hasil wawancara dengan Kaprodi S1 Sistem Informasi disebutkan bahwa sesuai dengan data pdpt unusa per 1 Maret sampai 18 Mei 2020, diketahui bahwa persentase capaian pembelajaran daringnya masih 87,5 %. Kondisi ini memperlihatkan bahwa kesiapan Prodi Sistem Informasi belum 100 %. Oleh karena itu, tujuan utama penelitian ini adalah untuk melakukan studi kesiapan pembelajaran daring di prodi S1 Sistem Informasi. Hal ini mengingat analisis kesiapan diperlukan sebagai titik awal dalam evaluasi pelaksanaan pendidikan di era digital. Penelitian dilakukan dalam 5 tahap, yaitu eksplorasi kondisi perkuliahan offline dan online, identifikasi perubahan, analisis kesiapan, dan identifikasi respon mahasiswa dan dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan seperti pembuatan kebijakan baru, penggunaan teknologi seperti zoom untuk menggantikan tatap muka langsung, penyediaan infrastruktur berupa perangkat keras, lunak, dan jaringan, serta penyediaan anggaran untuk pembelian kuota internet dari sisi finansial. Status kesiapan prodi S1 sistem informasi dalam pelakasanaan pembelajaran daring adalah Not Ready, hanya membutuhkan persiapan beberapa aspek saja. Sebagai pelengkap, diketahui bahwa respon mahasisa dan dosen untuk kesiapan prodi. Sebanyak 60,9% setuju bahwa Prodi Sistem Informasi mempunyai visi mengenai pembelajaran daring dan 54,7% memilih tidak setuju bahwa prodi sistem informasi mempunyai rencana jangka panjang untuk pelaksnaan pembelajaran daring. Sebanyak 43,8% tidak setuju bahwa Prodi Sistem Informasi telah menyediakan program untuk meningkatkan pengetahuan. Sebanyak 62,5% memilih netral terhadap penyediaan infrastruktur. Sebanyak 60,9% memilih setuju bahwa Prodi Sistem Informasi sudah menyediakan teknologi yang terintegrasi. Sebanyak 59,4% memilih netral bahwa Prodi Sistem Informasi telah menyediakan anggaran untuk pembelajaran daring.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBudiarti, Rizqi Putri NourmaNIDN0716068404rizqi.putri.nb@unusa.ac.id
Thesis advisorSulistiyani, EndangNIDN0708039301sulistiyani.endang@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: i: kesiapan, pembelajaran daring, sistem informasi, UNUSA
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Technique > Program Study of Information Systems
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:42
Last Modified: 24 Jan 2022 06:42
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7893

Actions (login required)

View Item View Item