EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE SIPENERANG TAHURA RADEN SOERJO MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN

UMAM, ASYROFIL (2020) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE SIPENERANG TAHURA RADEN SOERJO MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-IF-200020_abstract.pdf

Download (286kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27522.html

Abstract

Taman Hutan Raya Raden Soerjo (TAHURA R.Soerjo) mengeluarkan kebijakan kepada calon pendaki agar melakukan pemesanan secara online. Sejak november 2019 pihak Tahura Raden Soerjo mulai menerapkan website booking online selama satu bulan sebagai masa uji coba. Pada Desember 2019 sistem booking online pendakian Tahura Raden Soerjo telah diwajibkan. Namun sistem pendaftaran tersebut masih perlu dievaluasi terkait kepuasan layanan system. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan layanan website Sipenerang Tahura Raden Soerjo dengan menggunakan metode Delone and Mclean. Peneliti mengevaluasi kepuasan pendaki dengan menggunakan metode Delone and Mclean terdiri dari 6 variabel yaitu system quality, service quality, information quality, use, user satisfaction, dan net benefits. system quality memiliki 4 indikator, service quality memiliki 3 indikator, information quality memiliki 5 indikator, use memiliki 2 indikator, user satisfaction memiliki 2 indikator, dan net benefits memiliki 2 indikator. Masing-masing variabel dideskripsikan berdasarkan masing-masing indikator. Nilai variabel diperoleh dari nilai rata rata indikator yang dimiliki kemudian diuji terkait hubungannya. Hasil korelasi variabel yang memiliki signifikan yaitu hubungan antara information quality dengan use, information quality dengan user satisfaction, service quality dengan use, use dengan user satisfaction, user satisfaction dengan use, dan user satisfaction dengan net benefits. Hasil uji korelasi yang memiliki nilai korelasi tertinggi adalah hubungan service quality dengan use yaitu sebesar 0,317 atau signifikan pada level 0,002. Yang artinya hipotesis service quality dengan use memiliki hubungan dikarenakan website tahuraradensoerjo.or.id memberikan informasi yang bermanfaat dan memadai, dimana didalam website tahuraradensoerjo.or.id terdapat berbagai macam berita yang berisikan tentang informasi ter up to date seputar tahura raden soerjo.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusanto, Fajar AnnasNIDN0701038402fajar@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Booking Online, TAHURA R. Soerjo, Delone and Mclean
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Technique > Program Study of Information Systems
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:26
Last Modified: 24 Jan 2022 07:26
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7928

Actions (login required)

View Item View Item