WAHYUNITA, SILPI
(2020)
READABILITY LEVEL OF READING TEXT IN STUDENTS WORKSHEET ENTITLED BAHASA INGGRIS FOR VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS GRADE XI.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Wahyunita, Silpi. 2020. Tingkat Keterbacaan Teks Bacaan dalam Lembar Kerja
Siswa berjudul “Bahasa Inggris” Untuk Siswa SMK Kelas XI. Skripsi.
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat keterbacaan teks bacaan
pada lembar kerja siswa berjudul “Bahasa Inggris” siswa SMK kelas XI. Dia
menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Keterbacaan teks bacaan di LKS
diukur menggunakan rumus Flesch Reading Ease. Sumber data berupa sepuluh
teks bacaan yang semuanya merupakan teks bacaan di LKS. Berdasarkan hasil
analisis, temuan menunjukkan bahwa dari sepuluh teks bacaan di LKS
diklasifikasikan menjadi 3 tingkatan, yaitu: standar, cukup sulit, dan sulit. Terdapat
tiga teks yaitu teks 5,6 dan 7, berdasarkan skor Formula FRE 60-70 pada tingkat
standar dan perkiraan bacaan kelas 8 dan 9, cocok untuk sekolah menengah
pertama. Teks nomor 1,2,3,4 dan 9, berdasarkan nilai skor Formula FRE 50-60
pada tingkat yang cukup sulit dan perkiraan bacaannya adalah kelas 10 hingga 12,
cocok untuk sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan. Teks 8 dan
10, berdasarkan skor FRE Formula 30-50 di tingkat sulit dan perkiraan bacaan
adalah kelas 13 hingga 16, cocok untuk tingkat perguruan tinggi. Dapat
disimpulkan bahwa dari sepuluh teks bacaan hanya lima teks yang cocok untuk
siswa SMK kelas XI.
Actions (login required)
|
View Item |