SYAMSIYAH, .
(2020)
HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLI UMUM RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Waktu tunggu merupakan komponen penting yang dapat menyebabkan
kepuasan pasien. Hal ini dapat menjadi penyebab ketidakpuasan pasein terhadap
pelayanan di poli umum Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya sehingga tujuan
penelitian adalah untuk menganalisis, hubungan antara waktu tunggu dengan
kepuasan pasien di poli umum Rumah Sakit Jemursari Surabaya.
Jenis penelitian menggunakan survei observasional alitik, dengan pendekatan
cross sectional. Populasi adalah seluruh pasien di unit rawat jalan pada poli umum
Rumah Sakit Islam Jemursari 2018 sebesar 972 pasien. Sampel diambil secara
simple random sampling sebesar 91 pasien. Analisis data menggunakan uji
statistic fisher’s exact.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruhnya (84,6%) waktu
tunggu tidak sesuai dan sebagian besar (72,5%) pasien merasa tidak puas di unit
poli umum Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Terdapat hubungan yang
signifikan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien di poli umum Rumah
Sakit Islam Jemursari Surabaya (p = 0,002).
Kesimpulan penelitian ini adalah pasien rawat jalan di Rumah Sakit Islam
Jemursari Surabaya merasakan waktu tunggu yang tidak sesuai dengan ketentuan
yang berlaku sehingga menyebabkan ketidakpuasan dengan pelayanan di unit poli
umum. Saran untuk Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya, diharapkan rumah
sakit meningkatkan kecepatan pelayanan dengan cara menambah jumlah tenaga
kerja pada bagian pendaftaran maupun atministrasi, serta memberikan pelayanan
sebaik mungkin kepada pasien.
Actions (login required)
|
View Item |