MASULA, FIRDA
(2020)
PENGARUH EDUKASI GIZI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN POLA MAKAN GIZI SEIMBANG PADA RESPONDEN TUNARUNGU : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tunarungu adalah anak yang mengalami gangguan pendengaran yang
disebabkan tidak berfungsinya sebagian atau keseluruhan alat pendengarnya.
Akibat dari terhambatnya gangguan tersebut anak tunarungu akan mengalami
kesulitan dalam hal berbicara dan memahami pelajaran. Disamping itu, 80% anak
yang mengalami gangguan pendengaran dilaporkan mempunyai masalah kesulitan
makan, sehingga mempengaruhi tumbuh kembang anak. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi terhadap tingkat pengetahuan dan
pola makan gizi seimbang pada responden tunarungu.
Penelitian menggunakan Systematic Literature Review. Sebanyak 4 artikel
dengan desain penelitian experimental dan cross sectional yang dipublikasikan di
Google Scholar dan PubMed. Kata kunci yang digunakan adalah Nutrition
Education, Level Knowledge, Dietary Habit, Nutrition Balanced, dan Hearing
loss. Didapatkan total sampel sebanyak 2.608 responden. Analisis data dilakukan
secara deskriptif.
Hasil pada 2 review jurnal menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan
setelah diberikan edukasi gizi, namun tidak ditemukan nilai yang signifikan pada
uji statistik (p>0,05). Pada 2 review jurnal menunjukkan adanya peningkatan pola
makan setelah diberikan edukasi gizi, namun tidak ada pengaruh yang signifikan
pada uji statistik (p>0,05).
Berdasarkan hasil diatas maka dapat disimpulkan adanya peningkatan
pengetahuan dan pola makan gizi seimbang pada responden tunarungu, akan
tetapi tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan dan pola makan
gizi seimbang pada responden tunarungu.
Actions (login required)
|
View Item |