HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PERSONAL HYGIENE DIRUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM A.YANI SURABAYA

FITRIANI, IDA ZULFA (2020) HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PERSONAL HYGIENE DIRUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM A.YANI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KP-200047_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26180.html

Abstract

Personal Hygiene termasuk dalam tindakan pencegahan primer yang spesifik dan menjadi penting karena Personal Hygiene yang baik akan meminimalkan pintu masuk mikroorgansme yang ada dimana mana dan pada akhirnya mencegah seseorang terkena penyakit oleh kaena itu caring merupakan inti atau fokus dalam keperawatan sebagai bentuk praktik keperawatan profesional. Tetapi pada kenyataannya banyak perilaku yang kurang pada caring padahalperilaku perawat dalam pemberian asuhan atau perawatan dengan perhatian penuh untuk kesembuhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasiwn dalam pemenuhan kebutuhan Personal Hygiene di ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan analitik. Dengan jumlah populasi sebanyak 89 responden, yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan jumlah sampel sebanyak 73 responden melalui teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan pemberian kuisioner, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji chi square dengan tingkat kemaknaan  = 0,05. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa dari 73 responden hampir seluruhnya 60 (82,2%) caring perawat dalam pemenuhan personal hygien pasien positif, serta kepuasan pasien menunjukkan bahwa hampir seluruhnya 63 (86,%) kepuasan pasien puas. Hasil analisis dengan uji Chi-Square dengan tingkat signifikan α = 0,05 didapatkan nilai p = (0,000) yang berarti ada hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien dalam pemenuhan kebutuhan personal hygiene ruang rawat inap di Rumah Sakit Islam A. Yani Surabaya. Simpulan dari penelitian ini adalah perilaku caring perawat yang baik akan menghasilkan tingkat kepuasan pasien yang positif terutama pada penanganan personal hygien pasien. Oleh karenanya perlu adanya peningkatan kinerjanya yang baik khususnya pada pemenuhan kepuasan pasien rawat inap.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKartini, YanisNIDN0722026501yanis_youarenice@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perilaku Caring Perawat, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT41 Medical Surgical Nursing
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:49
Last Modified: 24 Jan 2022 08:49
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7995

Actions (login required)

View Item View Item