LESTARY, HAFIIDHA AGIL VITRIA
(2020)
HUBUNGAN PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEPATUHAN DIET PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS KEBONSARI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Prevalensi diabetes mellitus terus mengalami peningkatan dimasyarakat,
jumlah penderita yang mengalami diabetes mellitus tipe 2 merupakan kelompok
terbanyak. Kondisi kadar gula darah yang tinggi dapat menimbulkan komplikasi.
salah satu faktor penatalaksanaan diabetes mellitus adalah diet. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi dukungan sosial dengan
kepatuhan diet pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2 di Puskesmas Kebonsari
Surabaya.
Desain penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional.
Populasinya adalah 59 pasien Diabetes Mellitus. Besar sampel 52 responden di
ambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan
kuesioner. Analisis data menggunakan uji Chi Square dengan nilai kemaknaan α
= 0,05. Variabel independen dalam penelitian ini adalah persepsi dukungan sosial
dan variable dependen adalah kepatuhan diet.
Hasil penelitian dari 52 responden menunjukan sebagian besar (57,7 %)
mengalami ketidakpatuhan diet dan sebagian besar (32,7 %) dengan persepsi
dukungan sosial rendah. Hasil uji statistik Chi Square didapatkan nilai P= 0,000,
yang menunjukkan ada hubungan antara persepsi dukungan sosial dengan
kepatuhan diet pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2 di Puskesmas Kebonsari
Surabaya.
Simpulan dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang
segnifikan antara persepsi dukungan sosial dengan kepatuhan diet diabetes
mellitus, jika penderita diabetes mellitus memiliki perepsi dukungan sosial yang
rendah maka penderita tidak patuh dalam menjalankan diet. Kepatuhan diet
merupakan hal penting bagi penderita diabetes mellitus sehingga diharapkan dapat
dibentuk kelompok PROLANIS (Program Pengolaan Penyakit Kronis) terutama
bagi penderita diabetes mellitus tentang pentingnya persepsi dukungan sosial
terhadap kepatuhan diet.
Actions (login required)
|
View Item |