WINAHYU, CATHYA TRISHA
(2020)
PENGARUH KOMPRES DINGIN TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA ANAK USIA SEKOLAH YANG DILAKUKAN TINDAKAN PEMASANGAN INFUS DI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Nyeri yang dialami pada anak usia sekolah biasanya terjadi karena banyak
hal, salah satunya yaitu nyeri akibat hospitalisasi. Prosedur awal yang ditemui
oleh anak saat awal masuk rumah sakit adalah tindakan pemasangan infuse
melalui vena untuk memberi terapi cairan. Prosedur ini dapat menimbulkan rasa
nyeri pada anak. Penatalaksanaan nyeri salah satunya dengan teknik non
famakologi yang dapat mengurangi nyeri seperti pemberian kompres dingin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kompres dingin
terhadap penurunan nyeri pada anak usia sekolah yang dilakukan tindakan
pemasangan infus di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya.
Penelitian ini menggunakan desain analitik dengan pendekatan post test
only non equivalent control group dengan jumlah populasi 32 orang dan jumlah
sampel 30 anak usia sekolah dan menggunakan teknik Convinience Sampling.
Varibae independen dalam penelitian ini yaitu kompres dingin sedangkan varibal
dependen yaitu penurunan nyeri saat dilakukan pemasangan infuse. Dengan
teknik pengambilan data menggunakan lembar oberervasi. Data analisis
menggunakan uji Mann Whitney dengan tingkat kemaknaan α = 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 30 anak usia sekolah, hasil uji
Mann Withney dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 didaptkan nilai P = 0,000 yang
berarti ada pengaruh kompres dingin dengan penurunan nyeri pada anak usia
sekolah (6-12 tahun) yang akan dilakukan tindakan pemasangan infus di Rumah
Sakit Islam Jemursari Surabaya.
Petugas kesehatan yang melakukan tindakan pemasangan infus sebaiknya
melakukan intervesi pemberian kompres dingin hal ini dikarenakan kompres
dingin dapat menimbulkan efek anastesi bagi area yang sedang di lakukan
tindakan pemasangan infuse, karena terbukti teknik ini dapat menurunkan skala
nyeri pada saat dilakukan pemasangan infus.
Actions (login required)
|
View Item |