ISMI, MIFTACHUL
(2020)
PENGARUH SENAM OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD MAARIF NU HASANUDIN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Saat ini konsentrasi belajar didalam kelas sering dialami oleh setiap siswa, Jika
tidak segera diatasi siswa akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan
akademiknya. Dengan begitu akan menyebabkan kegagalan pencapaian prestasi
sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menganalisis pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Dengan Konsentrasi Belajar
Pada Anak Usia Sekolah Di SD Ma’arif NU Hasanudin Surabaya.
Jenis penelitian ini bersifat Analitik Kuantitatif menggunakan desain penelitian
metode Quasi Experiment Design, yaitu penelitian dengan menggunakan dua
kelompok yang masing-masing bertindak sebagai kelompok perlakuan dan kelompok
kontrol, dengan menggunakan rancangan Pretest-Postets With Control Group
Design. Pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan Probability
Sampling dengan teknik Cluster Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV di SD Ma’arif NU Hasanudin Surabaya sebesar 26 siswa kelas
IV A dan 27 siswa kelas IV B yang memenuhi kriteria ekslusi dan inklusi.
Pengumpulan data menggunakan Test Army Alpha. Pemberian Senam Otak (Brain
Gym) pada kelompok perlakuan yang dilakukan selama 5 hari berturut-turut. Data
dianalisis menggunakan uji uji Wilcoxon signed rank test dengan program spss for
windows. Dengan tingkat signifikasi α = 0,05 dimana ρ < α = 0,05 maka hipotesis
ditolak berarti ada pengaruh antara variabel independen dengan variabel dependen.
Hasil penelitian ini menunjukkan pada kelompok perlakuan hampir setengahnya
(45.8%) mengalami tingkat konsentrasi yang rendah sebelum diberikan brain gym
dan setelah diberikan brain gym sebagian besar (62.5%) mengalami kenaikan
konsentrasi tingkat konsentrasi sangat tinggi. Berdasarkan uji Wilcoxcon Sign Rank
Test didapatkan nilai ρ adalah 0,000 dan tingkat signifikasi α = 0,05 dimana ρ < α =
0,05.
Simpulan dalam penelitian ini adalah senam otak (brain gym) berpengaruh
terhadap konsentrasi belajar pada anak usia sekolah di SD Ma’arif NU Hasanudin
Surabaya. Penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi pengetahuan dan
wawasan mengenai senam otak dapat meningkatkan konsentrasi belajar pada anak
usia sekolah.
Actions (login required)
|
View Item |