PENGARUH SENAM OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD MAARIF NU HASANUDIN SURABAYA

ISMI, MIFTACHUL (2020) PENGARUH SENAM OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD MAARIF NU HASANUDIN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KP-200117_abstract.pdf

Download (616kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27117.html

Abstract

Saat ini konsentrasi belajar didalam kelas sering dialami oleh setiap siswa, Jika tidak segera diatasi siswa akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan akademiknya. Dengan begitu akan menyebabkan kegagalan pencapaian prestasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Dengan Konsentrasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah Di SD Ma’arif NU Hasanudin Surabaya. Jenis penelitian ini bersifat Analitik Kuantitatif menggunakan desain penelitian metode Quasi Experiment Design, yaitu penelitian dengan menggunakan dua kelompok yang masing-masing bertindak sebagai kelompok perlakuan dan kelompok kontrol, dengan menggunakan rancangan Pretest-Postets With Control Group Design. Pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan Probability Sampling dengan teknik Cluster Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Ma’arif NU Hasanudin Surabaya sebesar 26 siswa kelas IV A dan 27 siswa kelas IV B yang memenuhi kriteria ekslusi dan inklusi. Pengumpulan data menggunakan Test Army Alpha. Pemberian Senam Otak (Brain Gym) pada kelompok perlakuan yang dilakukan selama 5 hari berturut-turut. Data dianalisis menggunakan uji uji Wilcoxon signed rank test dengan program spss for windows. Dengan tingkat signifikasi α = 0,05 dimana ρ < α = 0,05 maka hipotesis ditolak berarti ada pengaruh antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan pada kelompok perlakuan hampir setengahnya (45.8%) mengalami tingkat konsentrasi yang rendah sebelum diberikan brain gym dan setelah diberikan brain gym sebagian besar (62.5%) mengalami kenaikan konsentrasi tingkat konsentrasi sangat tinggi. Berdasarkan uji Wilcoxcon Sign Rank Test didapatkan nilai ρ adalah 0,000 dan tingkat signifikasi α = 0,05 dimana ρ < α = 0,05. Simpulan dalam penelitian ini adalah senam otak (brain gym) berpengaruh terhadap konsentrasi belajar pada anak usia sekolah di SD Ma’arif NU Hasanudin Surabaya. Penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi pengetahuan dan wawasan mengenai senam otak dapat meningkatkan konsentrasi belajar pada anak usia sekolah.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurjanah, SitiNIDN0715057605nungj@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi Belajar, Brain Gym, Test Army Alpha
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:30
Last Modified: 25 Jan 2022 02:30
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8059

Actions (login required)

View Item View Item