FIKRIA, NITA LATIFATUL
(2020)
HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN KECEMASAN DENGAN KECENDERUNGAN ADIKSI GAME ONLINE PADA SISWA DI MIN 1 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Aktivitas bermain game online yang secara berlebihan dapat menyebabkan
ketergantunngan secara fisik, psikologis, dan mental terhadap suatu hal yang
menimbulkan perubahan perilaku bagi orang yang mengalaminya. Tujuan
penelitian ini untuk menganalisis hubungan kontrol diri dan kecemasan dengan
kecenderungan adiksi game online pada siswa di MIN 1 Surabaya.
Desain penelitian ini analitik dengan pendekatan cross-sectional.
Populasinya seluruh siswa kelas 4 dan 5 sebesar 349 responden, besar sampel 123
responden, menggunakan teknik Stratified Random Sampling, variabel
independen kontrol diri dan kecemasan, variabel dependen kecenderungan adiksi
game online. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang meliputi
kuesioner kontrol diri, kuesioner kecemasan dan kuesioner kecenderungan adiksi
game online. Analisis data menggunakan uji Rank-Spearman α = 0.05.
Hasil penelitian menunjukkan 123 responden sebagian besar mampu
mengontrol diri (56.1%), sebagian besar tidak mengalami kecemasan (62.6%),
dan hampir seluruhnya mengalami tingkat kecenderungan adiksi game online
yang tinggi (65.0%). Hasil uji analisis menunjukkan bahwa ada hubungan antara
kontrol diri dengan kecenderungan adiksi game online pada siswa dengan
kemaknaan ρ < α = 0.05 diperoleh hasil (ρ= 0.002) dan adanya hubungan antara
kecemasan dengan kecenderungan adiksi game online pada siswa dengan
kemaknaan ρ < α = 0.05 diperoleh hasil (ρ= 0.042).
Dengan adanya hasil penelitian ini sebaiknya siswa dapat lebih bijak untuk
menggunakan game online agar tidak menjadi kecenderungan adiksi game online.
Actions (login required)
|
View Item |