NOVIANTISARI, RISKI
(2020)
HUBUNGAN KOGNISI DAN COPING STRATEGY DENGAN KECENDERUNGAN INTERNET GAMING DISORDER PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN KANDANGAN I, SURABAYA.
Other thesis, University of Nahdlatul Ulama Surabaya.
Abstract
Aktivitas bermain game online atau offline yang durasi bermain
berlebihan akan membawa dampak negatif bagi anak usia sekolah. Kognisi dan
coping strategy merupakan masalah keperawatan yang sering terjadi. Penelitian
bertujuan menganalisis hubungan kognisi dan coping strategy dengan
kecenderungan internet gaming disorder pada anak usia sekolah di SDN
Kandangan I, Surabaya.
Desain penelitian adalah analitik, dengan pendekatan cross sectional.
Populasi 239 a dari kelas 4 dan 5. Besar sampel 150 siswa-siswi dari kelas 4 dan 5
dengan tekhnik proportionate stratified random sampling. Penelitian ini terdapat
2 variabel independen kognisi dan coping strategy sedangkan variabel dependen
kecenderungan internet gaming disorder. Instrument menggunakan kuesioner.
Analisis data menggunakan uji rank spearman dengan kemaknaan ɑ= 0,05
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kognisi dengan
kecenderungan internet gaming disorder, ini dibuktikan dengan hasil uji rank
spearman menunjukkan nilai p = 0,000, maka p < 0,05 yang berarti p <α maka H0
ditolak artinya ada hubungan kognisi dengan kecenderungan internet gaming
disorder Hasil uji didapatkan nilai r (koefisien korelasi) didapatkan nilai -0,364.
Dapat disimpulkan ada hubungan negatif yang sedang antara kognisi dengan
internet gaming disorder, selanjutnya juga terdapat hubungan coping strategy
dengan kecenderungan internet gaming disorder, ini dibuktikan dengan hasil uji
rank spearman menunjukkan nilai p = 0,007, maka p < 0,05 yang berarti p <α
maka H0 ditolak artinya ada hubungan coping strategy dengan kecenderungan
internet gaming disorder Hasil uji didapatkan nilai r (koefisien korelasi)
didapatkan nilai -0,220. Dapat disimpulkan ada hubungan negatif yang lemah
antara coping strategy dengan internet gaming disorder.
Semakin adaptif kognisi semakin rendah internet gaming disorder,
sebaliknya semakin maladaptif kognisi semakin tinggi internet gaming disorder,
sedangkan semakin adaptif coping strategy semakin rendah internet gaming
disorder, sebaliknya semakin maladaptif coping strategy semakin tinggi internet
gaming disorder. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi
kecenderungan internet gaming disorder pada anak usia sekolah, sebagai contoh
pihak sekolah bisa memanfaatkan program ekstrakurikuler agar anak meluangkan
waktunya dalam hal yang positif.
Actions (login required)
|
View Item |