NIZAM, MOH KAMARUL
(2020)
PENERAPAN STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PADA KULINER NASI GORENG JANCUK DI PRIMEBIZ HOTEL.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Seiring dengan semakin terfragmentasinya media komunikasi pemasaran,
membuat konsumen saat ini menerima beban informasi yang begitu besar, bahkan
sering kali melebihi kemampuan ingatannya. Akibatnya banyak informasi yang
terbuang secara sia-sia. Hal tersebut membuat komunikasi pemasaran perusahaan
menjadi tidak efektif dan efisien. Selain itu, preferensi konsumen pun mengalami
perubahan dari yang sebelumnya cukup hanya dilayani dengan komunikasi satu
arah melalui media seperti periklanan, saat ini meningkat kecenderungannya
untuk di layani dengan komunikasi dua arah dengan menerapkan konsep
Integrated Marketing Communicatin (IMC) atau komunikasi pemasaran terpadu.
Hal ini di buktikan dengan adanya kegiatan rebornnya nasi goreng jancuk di
Primebiz Hotel pada 14 februari 2020. Fenomena ini menarik peneliti untuk
merumuskan sebagai masalah penelitian yaitu Strategi Penerapan Intregated
Marketing Communication pada Kuliner Nasi Goreng Jancuk di Primebiz Hotel.
Sebagai bahan interpretasi peneliti menggunakan beberapa tinjauan
pustaka meliputi : definisi dan konsep pemasaran, serta strategi komunikasi
pemasaran terpadu (integrated marketing communication). Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam memperoleh data peneliti melakukan
observasi partisipatif, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Analisis di
lakukan terhadap narasi kualitatif dalam bentuk transkrip hasil wawancara
terhadap narasumber. Kemudian dianalisis untuk mengamati penerapan Strategi
integrated marketing communication pada Kuliner Nasi Goreng Jancuk di
Primebiz Hotel dengan mengacu kepada teori pada tinjauan pustaka.
Dari proses penelitian yang di lakukan, diketahui bahwa REBORN Nasi
Goreng Jancuk di Primbebiz Hotel di dasari adanya penerapan kegiatan
komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communication) serta
penerapan alat-alat komunikasi utama dari promotion mix yaitu advertising, sales
promotion, public relation, personal selling, dan direct marketing sebagai bentuk
pengintegrasian fungsi-fungsi IMC dalam kegiatan pemasaran Nasi Goreng
Jancuk di Primebiz Hotel.
Actions (login required)
|
View Item |