ANGGRAENI, ROSYANA
(2020)
PENERAPAN TOILET TRAINING (METODE BERMAIN PERAN) TERHADAP ENURESIS PADA ANAK DI PAUD KELURAHAN KUTISARI SURABAYA.
Other thesis, University of Nahdlatul Ulama Surabaya.
Abstract
Keberhasilan toilet training disebabkan karena peran orang tua yang
kurang tepat dalam menerapkan toilet training, karena masih banyak orang tua yang
tidak mengetahui bagaimana cara melakukan toilet training dengan baik dan benar.
Anak yang tidak mampu melakukan toilet training akan berpengaruh terhadap
tumbuh kembang secara psikologis dan fisiologis. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh penerapan toilet training dengan metode bermain peran
terhadap anak di Paud Kelurahan Kutisari Surabaya.
Desain penelitian menggunakan pra-eksperimental. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh orang tua yang mempunyai anak di Paud Kelurahan
Kutisari Surabaya sebanyak 46 responden. Besar sampel sebanyak 41 orang
responden diambil menggunakan teknik probability sampling dengan cluster
sampling. Variabel independen yaitu penerapan toilet training (metode bermain
peran), variabel dependen adalah enuresis pada anak. Instrument penelitian
menggunakan pre post intervensi. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Sign
Rank Test α = 0,05.
Hasil pre intervensi menunjukkan sebagian besar 37 (90,2%) anak
mengalami enuresis 4-5 kali dalam satu hari. Sedangkan post intervensi
menunjukkan hampir seluruhnya anak mengalami penurunan enuresis. Hasil uji
analisis didapatkan ada pengaruh penerapan toilet training (metode bermain peran)
terhadap enuresis pada anak Di Paud Kelurahan Kutisari Surabaya.
Pada penelitian ini penayangan video diperlihatkan pada waktu pagi hari
dan sore hari dalam sehari dan dilakukan selama 7 hari berturut-turut. Video toilet
training berdurasi sekitar 5-6 menit.
Actions (login required)
|
View Item |