AHADIYAH, MASRIFATUL
(2020)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP MATA PELAJARAN IPA DI SD LABSCHOOL UNESA LIDAH WETAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini mengenai pembelajaran berbasis masalah. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil
belajar siswa kelas IV materi siklus hidup makhluk hidup pada mata pelajaran
IPA di SD LabSchool Unesa Lidah Wetan Surabaya. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian one group
experiment. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 19 siswa dan dengan
teknik sampling total yang artinya semua anggota populasi digunakan. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes pre-test dan post-test dengan soal pilihan
ganda berjumlah 10 butir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teknik statistik deskriptif. Data dari penelitian ini di uji dengan
menggunakan statistik parametrik paired sample t-test untuk mengetahui apakah
ada pengaruh hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan
pembelajaran berbasis masalah. Berdasarkan hasil uji validasi perangkat serta uji
coba lapangan mendapatkan hasil nilai pre-test dan post-test. Pada nilai pre-test
memperoleh hasil rata-rata sebesar 74,21 sedangkan pada nilai post-test
memperoleh hasil rata-rata sebesar 87,37. Terdapat peningkatan sebesar 13,16.
Peningkatan tersebut signifikan dalam memaksimalkan kualitas belajar siswa di
SD LabScool Unesa Lidah Wetan Surabaya. Sedangkan dari perhitungan statistik,
mendapatkan hasil dari uji paired sample t-test nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000
lebih kecil dari nilai α (0,05) atau menolak H0. Dari hasil penelitian tersebut
peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis
masalah terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA materi
siklus hidup makhluk hidup di SD LabScool Unesa Lidah Wetan Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |