MUSTAFA, FITRI KUSUMAWARDANI
(2020)
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Menurunnya kesadaran untuk menghayati dan menjiwai nila-nilai Pancasila akan
menyebabkan terjadinya degradasi karakter bangsa. Jika terus dibiarkan akan
berdampak pada moral dan akhlak generasi muda yang tidak sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan
karakter berbasis nilai-nilai Pancasila melalui keteladaan dan pembiasaan. Penelitian
didasarkan pada proses studi kepustakaan atau library research. Jenis penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif-kritis yakni dengan lebih menekankan pada
kemampuan analisis dan penelaahan terhadap sumber-sumber kepustakaan terpilih.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila melalui
keteladanan (role model) dilakukan dengan cara meningkatkan sisi religius siswa,
memberikan bimbingan dan melatih ketaatan siswa untuk mematuhi tata tertib,
membangkitkan semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air, menanamkan sikap
demokratis pada siswa, mengajarkan peduli sosial dan tidak apatis. Sedangkan
implementasi nilai-nilai Pancasila melalui pembiasaan (habituation) dilakukan dengan
membiasakan siswa memiliki sikap toleransi beragama, saling mencintai dan
menghargai sesama manusia, tidak menjadikan perbedaan sebagai alasan untuk
terpecah belah, terbiasa mengambil keputusan secara musyawarah, berteman dengan
siapa saja dan memiliki solidaritas yang tinggi.
Actions (login required)
|
View Item |