PRATIWI, YUNI
(2020)
PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN BICARA ANAK DI PPT HARAPAN BANGSA II KELURAHAN BANYU URIP KECAMATAN SAWAHAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Yuni Pratiwi.2016. Penerapan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Di PPT
Harapan Bangsa II Kelurahan Banyu Urip Kecamatan Sawahan Surabaya. Skripsi, Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Nahdhatul Ulama Surabaya.
. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perkembangan kemampuan berbicara
pada anak usia dini di PPT Harapan Bangsa II Kelurahan Banyu Urip Kesamatan Sawahan
Surabaya yang disebabkan oleh pola asuh orang tua yang kurang maksimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Pola Asuh
orang tua Terhadap Perkembangan Bicara anak usia 3-4 tahun di PPT Harapan Bangsa II
Kecamatan Sawahan Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian kwalitatif. Subjek
penelitiannya adalah orang tua siswa di PPT Harapan Bangsa II Kelurahan Banyu Urip
Kecamatan Sawahan Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Sedangkan teknik analitik data menggunakan model Miles dan Hubberman
yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan pola asuh orang tua di PPT Hrapan
Bangsa II Kelurahan Banyu Urip Kecamatan Sawahan Surabaya terdiri 3 macam, yaitu pola asuh
demokratis, pola asuh otoriter, dan pola asuh permisif. Dari tiga pola asuh tersebut yang paling
mendominasi adalah pola asuh otoriter. Pola asuh otoriter dapat membantu perkembangan bicara
anak dengan baik dengan kriteria anak dapat menirukan apa yang diucapkan orang tua atau
guru, anak mampu mengulang cerita yang dilihatnya., perkembangan bicaranya berkembang
sesuai harapan. Pola asuh demokratis dapat membantu perkembangan bicara anak dengan
kriteria sangat baik dengan indikator anak mampu berkomunikasi dengan temannya dan mampu
bercerita dengan baik,. Sedangkan pola asuh permisif belum dapat membantu perkembangan
bicara anak dengan baik dengan indikator anak masih sulit berbicara.
Actions (login required)
|
View Item |