MUSRIYATIN, MUSRIYATIN
(2020)
PERAN GURU PAUD DALAM PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK MELALUI MEDIA TEBAK GAMBAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT PERTIWI TEGALSARI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Musriyatin,2020.Peran Guru Dalam Perkembangan Bahasa Pada Anak Melalui
Media Tebak Gambar Pada Anak Usia 3-4 tahun di PPT PERTIWI Tegalsari
Surabaya. Penelitian kualitatif Program Studi S1 PG Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama. Pembimbing
Machmudah,S.Psi.M.Psi.Psi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam
perkembangan bahasa pada anak melalui media tebak gambar pada anak usia 3-4
tahun di PPT. Pertiwi Tegalsari Surabaya.
Peran guru dalam perkembangan bahasa pada anak melalui media tebak gambar
pada anak usia dini sangat diperlukan untuk pendidikan perkembangan bahasa anak
.Peran guru yang dimaksud adalah bagian dari upaya untuk memaksimalkan
perkembangna bahasa anak di PPT Pertiwi Tegalsari Surabaya.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif. Subyek Penelitian anak usia dini
sebanyak 24 anak.Lokasi penelitian di PPT Pertiwi Tegalsari Surabaya. Dengan
menggunakan instrument penelitian berupa lembar observasi ,wawancara dan
dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskritif kualitatif.
Hasil penelitian dari peran guru terhadap perkembangna bahasa sudah berkembang
sesuai harapan di PPT Pertiwi Tegalsari Surabaya. Setelah dilaksanakan observasi
dan peran guru terhadap perkembangna bahasa pada anak sebesar 33 % (8 dari 24
anak) yang dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSB) sesuai dengan
STPPA 2013 dan 50 % (12 dari 24 anak) anak berkembang sesuai harapan ( BSH)
)an anak mulai berkembang ( MB) 16 % ( 4 dari 24 anak) karena kurangnya
stimulasi pendampingan orangtua pada anak di rumah.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ,bahwa peran guru dalam perkembangan
bahasa pada anak usia dini di PPT Pertiwi Tegalsari Surabaya berkembang sesuai
harapan hal ini dikarenakan anak mau dan mampu untuk melaksanakan tugas
perkembangan bahasa sesuai dengan STPPA 2013 . Disarankan kepada para
pengajar untuk menggunakan penerapan perkembangan bahasa sebagai pengajaran
yang kreatif dan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |