PERAN GURU PAUD DALAM PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK MELALUI MEDIA TEBAK GAMBAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT PERTIWI TEGALSARI SURABAYA

MUSRIYATIN, MUSRIYATIN (2020) PERAN GURU PAUD DALAM PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK MELALUI MEDIA TEBAK GAMBAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT PERTIWI TEGALSARI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200015_abstract.pdf

Download (537kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26740.html

Abstract

Musriyatin,2020.Peran Guru Dalam Perkembangan Bahasa Pada Anak Melalui Media Tebak Gambar Pada Anak Usia 3-4 tahun di PPT PERTIWI Tegalsari Surabaya. Penelitian kualitatif Program Studi S1 PG Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama. Pembimbing Machmudah,S.Psi.M.Psi.Psi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam perkembangan bahasa pada anak melalui media tebak gambar pada anak usia 3-4 tahun di PPT. Pertiwi Tegalsari Surabaya. Peran guru dalam perkembangan bahasa pada anak melalui media tebak gambar pada anak usia dini sangat diperlukan untuk pendidikan perkembangan bahasa anak .Peran guru yang dimaksud adalah bagian dari upaya untuk memaksimalkan perkembangna bahasa anak di PPT Pertiwi Tegalsari Surabaya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif. Subyek Penelitian anak usia dini sebanyak 24 anak.Lokasi penelitian di PPT Pertiwi Tegalsari Surabaya. Dengan menggunakan instrument penelitian berupa lembar observasi ,wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskritif kualitatif. Hasil penelitian dari peran guru terhadap perkembangna bahasa sudah berkembang sesuai harapan di PPT Pertiwi Tegalsari Surabaya. Setelah dilaksanakan observasi dan peran guru terhadap perkembangna bahasa pada anak sebesar 33 % (8 dari 24 anak) yang dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSB) sesuai dengan STPPA 2013 dan 50 % (12 dari 24 anak) anak berkembang sesuai harapan ( BSH) )an anak mulai berkembang ( MB) 16 % ( 4 dari 24 anak) karena kurangnya stimulasi pendampingan orangtua pada anak di rumah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ,bahwa peran guru dalam perkembangan bahasa pada anak usia dini di PPT Pertiwi Tegalsari Surabaya berkembang sesuai harapan hal ini dikarenakan anak mau dan mampu untuk melaksanakan tugas perkembangan bahasa sesuai dengan STPPA 2013 . Disarankan kepada para pengajar untuk menggunakan penerapan perkembangan bahasa sebagai pengajaran yang kreatif dan efektif.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMachmudah, MachmudahNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Peran guru,meningkatkan bahasa anak,tebak gambar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:01
Last Modified: 11 Apr 2023 03:47
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8223

Actions (login required)

View Item View Item