MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE PERMAINAN KARTU ANGKA DI KB BAHTERA KASIH BUNDA

TOBING, DAHLIA LUMBAN (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE PERMAINAN KARTU ANGKA DI KB BAHTERA KASIH BUNDA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200016_abstract.pdf

Download (413kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26742.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain kartu angka anak Kelompok Bermain TK Bahtera Kasih bunda Surabaya. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak Kelompok Bermain TK Bahtera kasih Bunda Surabaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah anak KB Bahtera Kasih Bunda Surabaya yang berjumlah 10 anak. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung selama 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal lambang bilangan 1-10 meningkat setelah adanya tindakan. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak yang memiliki kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 adalah 17%. Pada Siklus I meningkat menjadi 50% dan pada Siklus II telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu 83%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bermain kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak KB Bahtera Kasih Bunda Surabaya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRihlah, JauharoturNIDN0723099201rihlahjauhara@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengenal lambang bilangan. bermain kartu angka.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:10
Last Modified: 26 Jan 2022 01:10
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8224

Actions (login required)

View Item View Item