GAMBARAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA SECARA TERARAH PADA ANAK KELOMPOK A DI TK TUNAS BANGSA KENJERAN

KUSTIANINGSIH, MENIK YULIATI (2020) GAMBARAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA SECARA TERARAH PADA ANAK KELOMPOK A DI TK TUNAS BANGSA KENJERAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200060_abstract.pdf

Download (400kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26914.html

Abstract

Menik Yuliati Kustianingsih, 2020. “Gambaran melempar bola secara terarah pada anak kelompok A di TK Tunas Bangsa Kenjeran”. Penelitian berbasis Online Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Nurul Kamariyah,S.Kep.Ns.,M.Kep Dalam Proses perkembangan sensorik motorik di Taman Kanak-kanak seharusnya mendapatkan perhatian pendidikan secara benar. Salah satu faktor keberhasilan pendidikan Taman kanak-kanak yaitu melibatkan pendidikan jasmani atau motorik kasar sebagai pembentuk atau penyelaras pertumbuhan otot, tulang, dan sistem syaraf anak. Pendidikan jasmani yang menangani masalah ini harus mengetahui tentang perkembangan fisik motorik anak usia dini yaitu disesuaikan dengan kemampuan anak, namun kenyataannya di TK Tunas Bangsa masih ada beberapa anak yang kurang mampu melempar bola secara terarah sehingga bola tidak dapat tertuju pada sasarannya, serta kurangnya kemampuan beberapa anak dalam menjaga keseimbangan badan hal ini terlihat Ketika pada saat anak melempar bola anak terjatuh.Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran kemampuan melempar bola secara terarah pada anak Kelompok A di TK Tunas Bangsa Kenjeran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif adalah suatu metode yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran tentang suatu keadaan secara objektif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Tunas Bangsa kenjeran Surabaya. Dengan populasi seluruh anak kelompok A serta mengambil sampel sebagian dari anak kelompok A tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi yang dilakukan dengan cara meminta ijin kepada kepala sekolah dan guru melalui whatsapp. Dari data observasi kemudian data diolah dengan tujuan mengubah data informasi, dalam proses pengolahan data terdapat langkah-langkah yang harus ditempuh yaitu pengkodean data, tabulasi,serta interprestasi data, kemudian data di analisis dengan cara menggambarkan tiap variable yang disajikan dalam bentuk tabel atau grafik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan,dapat diketahui bahwa kemampuan anak melempar bola secara terarah pada anak Kelompok A di TK Tunas bangsa Kenjeran, secara keseluruhan menunjukkan bahwa hasil sebanyak 12 anak (80%) memiliki kemampuan melempar yang sangat sangat baik, sedangkan 2 anak (14%) memiliki kemampuan melempar yang baik, dan ada 1 anak (6%) memiliki kemampuan melempar yang kurang baik. Artinya kemampuan melempar bola secara terarah pada anak kelompok A di TK Tunas Bangsa Kenjeran Sebagian besar sangat baik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Gambaran melempar bola secara terarah pada anak kelompok A.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:12
Last Modified: 11 Apr 2023 07:07
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8225

Actions (login required)

View Item View Item