MUNAWARUH, MARATUL
(2020)
PENGARUH MELUKIS MENGGUNAKAN TEKNIK AIRBRUSH TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB DHARMA WANITA PERSATUAN NGELOM SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan motorik halus anakmerupakan salah satu kemampuan yang
penting yang harus dikembangkan. Ada begitu banyak cara untuk
mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melukis
menggunkan teknik airbrush. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji ada
atau tidaknya pengaruh melukis menggunkan teknik airbrush terhadap
kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun di KB Dharma Wanita Persatuan
Ngelom Sidoarjo.
Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pre-test Expetimental Design dengan
jenis One Group Pretest-Posttest Design.Populasi dalam penelitian ini adalah
anak usia 3-4 tahun di KB Dharma Wanita Persatuan Ngelom Sidoarjo yang
berjumlah 12 anak. Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, dengan 1 kali pre-test, 3 kali treatment, dan 3 kali post-test yang dilakukan setelah
pemberian tiap treatment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan Wawancara, Kuisioner, Observasi, dan Dokumentasi. Data yang
diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis menggunakan tabel penolong
Wilxocon Match Pairs Test.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan
dalam analisis data terhadap kemampuan metorik halus anak sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan dengan melukis menggunkan teknik airbrush, dapat dilihat
dari pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung = 0,
sedangkan Ttabel dengan subjek 12 anak dengan taraf signifikan 5% = 14. Dari
angka yang diperoleh berarti Thitung < Ttabel (0 < 14) sehingga hipotesis alternatif
(Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa melukis menggunkan teknik airbrush berpengaruh terhadap kemampuan
motorik halus anak usia 3-4 tahun di KB Dharma Wanita Persatuan Ngelom
Sidoarjo.
Actions (login required)
|
View Item |