WIJAYA, ENY
  
(2020)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN PAPAN TITIAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT TUNAS INDONESIA SUKOMANUNGGAL SURABAYA.
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui permainan  dipapan  titian  dapat  meningkatkan  motorik  kasar  anak  dalam  aspek kekuatan  kaki  pada  saat  berjalan  dipapan  titian,  keseimbangan  badan  agar  tidak terjatuh  pada  saat  berjalan  dipapan  titian,  kelincahan/kecepatan  dalam  berjalan dipapan  titian  di  PPT  Tunas Indonesia  Sukomanunggal  Surabaya  pada anak  usia   3-4 Tahun.  Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya peningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan papan titian anak usia 3-4 tahun melalui permaianan papan titian. Metode penelitian ini Peneliti Tindakan Kelas. Subjek penelitiannya siswa pada PPT Tunas Indonesia Sukomanunggal Surabaya dengan usia 3-4 tahun yang berjumlah 15 anak. Teknis analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif.  Hasil  penelitian  ini  bahwa  papan  titian  dapat  meningkatkan  kemampuan motorik  kasar  dalam  berjalan  di  papan,  menjaga  keseimbangan  badan,  melatih kelincahan dalam berjalan di papan titian di PPT Tunas Indonesia sukomanunggal Surabaya.  Pada  Pra  Siklus  sebesar  40%  yang  berada  pada  kriteria  belum berkembang, pada Siklus I dilakukan tindakan melalui kegiatan berjalan di papan titian meningkat menjadi  33,33% pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan, dan meningkat pada Siklus II menjadi 80% pada kriteria Berkembang Sangat Baik.  Berdasarkan  hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  terjadi  peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan papan titian pada anak usia 3-4 tahun di PPT Tunas Indonesia Sukomanunggal Surabaya. Disarankan kepada guru agar kreatif  dalam  memberikan  kegiatan  pembelajaran  yang  berpengaruh  dengan meningkatnya kemampuan motorik kasar anak.
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |