PURWITASARI, IVANG GALUH (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 SD NEGERI 1 CODO MALANG. Other thesis, University of Nahdlatul Ulama Surabaya.
|
PDF
SR-PPG-200026_abstract.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran tematik khususnya di kelas 1 SD masih pada tahap pembelajaran awal seperti menulis permulaan, membaca permulaan dan pengenalan bilangan. Pada pembelajarannya harus mengaitkan beberapa mata pelajaran, sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna pada peserta didik karena anak pada usia ini masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan sehingga pembelajaran masih bergantung pada objek yang konkret. Dibutuhkan juga media lain untuk menyampaikan materi pelajaran agar peserta didik mudah memahami materi. Media sebagai alat bantu belajar mengajar berkembang seiring kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar melalui media pembelajaran power point interaktif pada peserta didik kelas 1 SD Negeri 1 Codo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas 1 SD Negeri 1 Codo, tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis lembar observasi aktivitas guru, analisis lembar observasi aktivitas peserta didik dan analisis lembar tes hasil belajar Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik yaitu 88% dari jumlah peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran power point interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebelum adanya pembelajaran dengan menggunaan media pembelajaran power point interaktif, hasil belajar peserta didik kelas 1 SD Negeri 1 Codo pada tema 3 subtema 1 didapat nilai rata-rata secara klasikal yang seharusnya mencapai nilai KKM 75, pada kenyatannya hanya mencapai nilai 65. Kemudian pada tema 3 subtema 2 didapat nilai rata-rata hasil belajar peserta didik secara klasikal yang seharusnya mencapai nilai KKM 75, pada kenyatannya hanya mencapai nilai 60. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar peserta didik meningkat dengan ketuntasan belajar secara klasikal 73%. Setelah tindakan siklus II, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar secara klasikal menjadi 88%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran power point interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I SD Negeri 1 Codo Malang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Media Pembelajaran, Power Point Interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education |
Depositing User: | Mrs. . Aidah |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 01:47 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 01:47 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8246 |
Actions (login required)
View Item |