MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI PPT SRI REJEKI SUKOMANUNGGAL SURABAYA

RUSIAWATI, SITI UMBAR (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI PPT SRI REJEKI SUKOMANUNGGAL SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200021_abstract.pdf

Download (533kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26755.html

Abstract

SITI UMBAR RUSIAWATI 2020, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 3-4 MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI PPT SRI REJEKI SUKOMANUNGGAL SURABAYA” Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing BERDA ASMARA, S.Pd, M.Pd. Kemampuan berbahasa dipelajari dan diperoleh anak usia dini secara alamiah untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Kemampuan berbahasa tidak dikuasai dengan sendirinya oleh anak, akan tetapi kemampuan berbahasa akan diperoleh melalui proses pembelajaran. Metode bercerita salah satu metode untuk mengembangkan aspek bahasa anak. Tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui metode cerita dengan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 3-4 tahun di PPT Sri Rejeki Sukomanunggal Surabaya. Metode penelitihan ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitihanya siswa pada PPT Sri Rejeki Surabaya dengan usia 3-4 tahun yang berjumlah 10 anak. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri. Hasil penelitian bahwa kemampuan bahasa pada anak usia 3-4 tahun pada Pra Siklus sebesar 80% yang belum berkembang pada kreteria Belum Berkembang. Pada Siklus I dilakukan tindakan melalui kegiatan bercerita meningkat menjadi 30% pada kreteria Berkembang Sesuai Harapan dan meningkat Kembali pada Siklus II menjadi 80% pada kreteria Berkembang Sangat Baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bercerita dengan menggunakan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan berbahasa anak usia 3-4 tahun di PPT Sri Rejeki Sukomanunggal Surabaya. Peningkatan tersebut dalam aspek berbahasa pada saat berkomunikasi agar bisa berbahasa dengan baik dan benar juga aktif.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsmara, BerdaNIDN0709058701asmaraberda@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bahasa, Metode Bercerita, Buku Cerita Bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:47
Last Modified: 26 Jan 2022 01:47
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8248

Actions (login required)

View Item View Item