PENGARUH PERILAKU KECANDUAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DITINJAU DARI PENDIDIKAN ORANG TUA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO

KAMILAH, ULUFIYATUL (2020) PENGARUH PERILAKU KECANDUAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DITINJAU DARI PENDIDIKAN ORANG TUA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200067_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27189.html

Abstract

Perilaku kecanduan gawai dapat menimbulkan dampak bagi anak diantaranya dampak positif dan negatif bagi perkembangannya. Peran orang tua sebagai pemegang peran yang menentukan durasi intensitas penggunaan gawai pada anak, serta berperan dalam pemberian stimulasi perkembangan bahasa sehingga pendidikan orang tua diperlukan untuk memberikan peran aktif dalam perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku kecanduan gawai terhadap perkembangan bahasa anak ditinjau dari pendidikan orang tua anak usia dini di Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun se Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo dengan teknik pengambilan random sampling sehingga diperoleh 153 responden. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen dan satu variabel dependen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket dengan menggunakan skala likert yang telah melewati uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku kecanduan gawai berpengaruh negatif terhadap perkembangan bahasa dan pendidikan orang tua berpengaruh positif terhadap perkembangan bahasa dengan sumbangan pengaruh 27,4% dengan koefisien korelasi (r hitung) sebesar 0,260 yang memiliki tingkat pengaruh yang cukup pada ketiga variabel tersebut. Hal ini juga diperkuat dengan nilai F hitung sebesar 28,329 dengan nilai signifikansi -6,106 untuk perilaku kecanduan gawai dan 3,714 untuk pendidikan orang tua dan perkembangan bahasa yang lebih besar dari nilai signifikansi 0.05. Sehingga model regresi linear berganda ini layak menjelaskan ketiga variabel tersebut. Simpulan pada penelitian ini adalah anak berada pada kategori sedang pada perilaku kecanduan gawai, perkembangan bahasa, dan pendidikan orang tua. Penelitian perilaku kecanduan gawai berpengaruh negatif terhadap perkembangan bahasa anak dan pendidikan orang tua berpengaruh positif terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRihlah, JauharoturNIDN0723099201rihlahjauhara@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perilaku Kecanduan Gawai, Perkembangan Bahasa, Pendidikan Orang Tua.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:51
Last Modified: 11 Apr 2023 07:18
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8250

Actions (login required)

View Item View Item