EFEKTIFITAS MEDIA PASIR BERWARNA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN MUTTAQIEN SURABAYA

ASTUTIK, LELLY SUCI (2020) EFEKTIFITAS MEDIA PASIR BERWARNA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN MUTTAQIEN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200024_abstract.pdf

Download (549kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26759.html

Abstract

Suci Astutik, Lelly. 2020. Efektivitas media pasir berwarna sebagai sumber belajar anak dalam upaya meningkatkan perkembangan kognitif anak. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Dunia anak adalah dunia bermain. Dengan bermain anak sekaligus belajar. Pendidikan anak usia dini (PAUD) harus sesuai kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan ingin mendeskripsikan efektivitas penggunaan pasir berwarna dalam upaya meningkatkan perkembangan kognitif anak. Penggunaan media pembelajaran banyak dipengaruhi oleh teori tingkah laku yang dikemukakan oleh Skinner; teori ini mendorong pendidik untuk lebih memperhatikan anak didiknya dalam proses belajar mengajar menurut. Montelalu permainan pasir sangat bermanfaat bagi perkembangan fisik, kognitif, social dan emosional anak. Pasir berwarna merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat dimanipulasi dan dapat diterapkan ke dalam kegiatan pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak karena aneka macam warnanya. Penelitian ini dilakukan di kelompok bermain Muttaqien di kota Surabaya dengan jumlah populasi 14 orang anak dan teknik pengambilan sampelnya sampel populasi’ artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Karena kondisi pandemi covid 19, maka dalam penelitian ini orang tua dilibatkan sebagai observer. Data dikumpulkan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara; dokumentasi digunakan untuk memotret anak ketika bermain pasir warna dan observasi digunakan untuk melihat perkembangan kognitif anak dengan menggunakan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistic persentase dan dinarasikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasir berwarna cukup efektif (85%) bila digunakan dalam proses pembelajaran dan dalam upaya meningkatkan kognitif anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media pasir berwarna, kelompok bermain .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:05
Last Modified: 26 Jan 2022 02:05
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8261

Actions (login required)

View Item View Item