NINGSIH, ANDRIYANTI MARGARETHA
(2020)
PENERAPAN METODE BERNYANYI BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ABJAD A-Z PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK BUKIT KASIH SAMBIKEREP SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
kemampuan menghafal dalam dunia pendidikan anak- anak pada usia 5-6
tahun, perkembangan psikomotornya mulai terbangun, sehingga anak dapat
mudah memahami apa yang ada di sekitarnya, karena anak merupakan masa usia
emas ( GOLDEN AGE ).
Kita dapat mengetahiu hasil belajara dengan menerapkan metode
bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menghafal abjadb a-z
dalam bahasa inggris. Bernyanyi merupakan suatu kegiatan yang menarik bagi
anak usia 5-6 tahun, karena itu dengan menyanyi anak akan lebih mudah
menerima semua materi yang di berikan sehingga anak tidak merasa bosan.
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui tingkat tercapainya kesuksesan
dalam penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan menghafal
abjad a-z dalam bahasa inggris pada anak usia 5-6 tahun di TK Bukit Kasih
Sambikerep Surabaya. penelitian tindakan kelas, dengan model Kurt Lewin.
Terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Peneliti ini terdapat 4 tahapan yaitu :
perencanaan , pelaksanaan, observasi, dan refleksi sasaran yang di tuju peneliti
adalah anak di kelompok B Tk Bukit Kasih sambikerep Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode bernyanyi dapat
meningkatkan kemampuan mengfhafal abjad a-z dalam bahasa inggris dengan
prosentase 40% (8 Anak yang Tuntas ) pada tindakan siklus I pertemuan 1 , pada
siklus 1 pertemuan 2 60% ( 12 Anak yang Tuntas ) sedangkan pada tindakan
siklus II mencapai 80 % ( 16 Anak yang Tuntas )
Pelaksanaan penggunaan metode bernyanyi dengan menfaatkan anak di
kelompok B TK Bukit Kasih sambikerep Surabaya dapat berjalan dengan lancar
sesuai dengan rencana. Dari semua pembahasan skripsi ini penulis mendapatkan
kesimpulan bahwa dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemamapuan anak
dalam menghafal abjad a-z sangat bagus dengan menggunakan metode bernyanyi
Actions (login required)
|
View Item |