PENERAPAN METODE BERNYANYI BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ABJAD A-Z PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK BUKIT KASIH SAMBIKEREP SURABAYA

NINGSIH, ANDRIYANTI MARGARETHA (2020) PENERAPAN METODE BERNYANYI BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ABJAD A-Z PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK BUKIT KASIH SAMBIKEREP SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200027_abstract.pdf

Download (394kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26764.html

Abstract

kemampuan menghafal dalam dunia pendidikan anak- anak pada usia 5-6 tahun, perkembangan psikomotornya mulai terbangun, sehingga anak dapat mudah memahami apa yang ada di sekitarnya, karena anak merupakan masa usia emas ( GOLDEN AGE ). Kita dapat mengetahiu hasil belajara dengan menerapkan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menghafal abjadb a-z dalam bahasa inggris. Bernyanyi merupakan suatu kegiatan yang menarik bagi anak usia 5-6 tahun, karena itu dengan menyanyi anak akan lebih mudah menerima semua materi yang di berikan sehingga anak tidak merasa bosan. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui tingkat tercapainya kesuksesan dalam penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan menghafal abjad a-z dalam bahasa inggris pada anak usia 5-6 tahun di TK Bukit Kasih Sambikerep Surabaya. penelitian tindakan kelas, dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Peneliti ini terdapat 4 tahapan yaitu : perencanaan , pelaksanaan, observasi, dan refleksi sasaran yang di tuju peneliti adalah anak di kelompok B Tk Bukit Kasih sambikerep Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengfhafal abjad a-z dalam bahasa inggris dengan prosentase 40% (8 Anak yang Tuntas ) pada tindakan siklus I pertemuan 1 , pada siklus 1 pertemuan 2 60% ( 12 Anak yang Tuntas ) sedangkan pada tindakan siklus II mencapai 80 % ( 16 Anak yang Tuntas ) Pelaksanaan penggunaan metode bernyanyi dengan menfaatkan anak di kelompok B TK Bukit Kasih sambikerep Surabaya dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Dari semua pembahasan skripsi ini penulis mendapatkan kesimpulan bahwa dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemamapuan anak dalam menghafal abjad a-z sangat bagus dengan menggunakan metode bernyanyi

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi Bahasa Inggris, kemampuan Menghafal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:22
Last Modified: 26 Jan 2022 02:22
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8277

Actions (login required)

View Item View Item