LAILA, INTAN NISFUL
(2020)
IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar mengacu pada peraturan
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang program literasi sekolah yakni
“Penumbuhan budi pekerti melalui pembiasaan membaca selama 15 menit
sebelum waktu belajar dimulai”. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah
dan Warga Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi
pustaka atau action research. Adapun penerapan gerakan literasi dimulai dari
sosialisasi pemerintah kepada Kepala sekolah sebagai penyelenggara kebijakan
literasi Sekolah Dasar yang disosialisasikan kembali kepada guru kelas sebagai
pendamping literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
implementasi gerakan literasi sekolah dasar .Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu studi pustaka atau action research. Dari berbagai studi pustaka
yang diperoleh melalui jurnal dan Google Scholar, penelitian ini memfokuskan
pada tahapan literasi, jenis literasi, dan pola literasi. Hasil penelitian mengenai
Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasarmeliputi beberapa langkahlangkah
yaitu tahap pembiasaan kegiatan membaca yang menyenangkan di
ekosistem sekolah, tahap pengembangan minat baca untuk meningkatkan
kemampuan
literasi,dan
tahap pelaksanaan pembelajaran berbasis
literasi.Rekomendasi pada penelitian ini yakni a) Bagi sekolah, penelitian ini
diharapkan mampu memotivasi guru dalam menerapkan Gerakan Literasi Sekolah
di Sekolah Dasar. b) Bagi guru, dapat meningkatkan kreativitas Gerakan Literasi
Sekolah agar siswa termotivasi dalam meningkatkan minat baca. c) Bagi siswa
implementasi gerakan literasi yang diterapkan di sekolah mampu meningkatkan
minat baca dan menulis.
Actions (login required)
|
View Item |