PUJIMASTUTIK, HENY
(2020)
PERAN GURU DALAM MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI DI PPT MAWAR KECAMATAN SIMOKERTO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Pujimastutik, Heny. 2020. Peran Guru dalam Mengenalkan Pendidikan Seksual pada
Anak Usia Dini di PPT Mawar Kecamatan Simokerto Surabaya. Skripsi.
Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).
Skripsi ini membahas tentang guru dalam mengenalkan pendidikan seksual di
PPT. Mawar Kecamatan Simokerto Surabaya. Adapun rumusan masalah pada tesis ini
adalah: 1) Bagaimana peran pendidikan seks di PPT Mawar Kecamatan Simokerto
Surabaya; 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan seks di PPT Mawar Kecamatan
Simokerto Surabaya; 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan seks
di PPT Mawar Kecamatan Simokerto Surabaya.
Sebagaimana persoalan yang dipaparkan di atas, maka dalam penelitian ini
penulis menggunakan pendekatan deskriptif, yang berguna untuk mengungkapkan
fakta dan data, sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif yang dimaksudkan
untuk memaparkan dan menggambarkan Peran Guru dalam Mengenalkan
Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini beserta faktor pendukung dan
penghambatnya secara menyeluruh dan mendalam. Sesuai dengan hal tersebut,
maka tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan beberapa hal: pertama Peran
pendidikan seks di PPT Mawar Kecamatan Simokerto Surabaya, yakni pendidikan seks
sangat berperan dalam perkembangan peserta didik, memberikan pengetahuan akan
seksualitasnya, dengan demikian dari adanya pendidikan seks diharapkan dapat
membentuk moral peserta didik yang baik.
Kedua, implementasi Pendidikan seks di PPT Mawar Kecamatan Simokerto
Surabaya menyajikan pendidikan seks melalui penyisipan di setiap pembelajaran
materi yang ada di PPT. Mawar.
Ketiga, faktor pendukung di PPT Mawar Kecamatan Simokerto Surabaya yakni
adanya materi tentang pengenalan seksual yang sudah dimasukkan di dalam setiap
pembelajaran di dalam kelas yang memudahkan guru dalam penyampaian pendidikan
seks, kemudian faktor penghambatnya adalah persepsi orang tua dalam menganggap
pendidikan seks adalah masalah yang tabu.
Actions (login required)
|
View Item |