SUPRIHATIN, SUPRIHATIN
(2020)
GAMBARAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE TANYA JAWAB DENGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DI PPT BHINNEKA SAWAHAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Suprihatin. 2020. Gambaran Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Melalui
Metode Tanya Jawab Dengan Media Buku Bergambar Di PPT Bhinneka Sawahan
Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing :
Nanang Rokhman Saleh, S.Ag., M. Th.i.,
Dalam pengembangan bahasa pada anak usia dini menekankan pada
bagaimana agar anak mampu menggunakan dan mengekpresikan bahasa dengan
kata-kata seperti ucapan yang dapat di pahami oleh orang lain. Sehingga fungsi
bahasa bisa tercapai sebagai alat komunikasi terutama pada anak usia 3 – 4 tahun.
Maka dari itu diperlukan sebuah metode yang tepat dalam pengembangan dan
peningkatan bahasa anak melalui metode pembelajaran tanya jawab. Maka tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Kemampuan Berbahasa melalui
Metode Tanya jawab dengan Media Buku Bergambar Pada Anak Usia 3-4 Tahun
di PPT Bhinneka Sawahan Surabaya.
Jenis metode penelitian ini adalah kuantatif dengan pendekatan analisis
deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah anak kelompok B di PPT
Bhinneka Sawahan Surabaya dengan jumlah 33 anak. Yang dilaksanakan di PPT
Bhinneka Sawahan Surabaya mulai bulan Agustus 2020. Teknik pengumpulan
data dilakukan menggunakan lembar observasi dan wawancara, dengan teknik
analisis analisa data menggunakan deskriptif kuantitatif.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran perkembangan bahasa
anak usia 3-4 tahun melalui metode tanya jawab dengan media buku bergambar di
PPT Bhinneka Sawahan Surabaya adalah anak yang mempunyai kemampuan
bahasa dengan kreteria belum berkembang lebih banyak daripada kreteria mulai
berkembang, berkembang sesuai harapan, dan berkembang sangat baik. Anak
yang mempunyai kemampuan bahasa dengan kreteria mulai berkembang lebih
banyak daripada kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik.
Sedangkan anak yang mempunyai kemampuan bahasa dengan kreteria
berkembang sesuai harapan lebih banyak daripada kriteria berkembang sangat
baik.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak
usia 3-4 tahun melalui metode tanya jawab dengan media buku bergambar di PPT
Bhinneka Sawahan Surabaya yang paling banyak adalah anak yang memiliki
kreteria belum berkembang dan yang paling sedikit adalah anak yang mempunyai
kemampuan bahasa dengan kriteria berkembang sangat baik. Disarankan guru
lebih kreatif dan inofatif dalam meningkatkan kemampuan anak usia dini.
Actions (login required)
|
View Item |