GAMBARAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE TANYA JAWAB DENGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DI PPT BHINNEKA SAWAHAN SURABAYA

SUPRIHATIN, SUPRIHATIN (2020) GAMBARAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE TANYA JAWAB DENGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DI PPT BHINNEKA SAWAHAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200029_abstract.pdf

Download (670kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26809.html

Abstract

Suprihatin. 2020. Gambaran Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Tanya Jawab Dengan Media Buku Bergambar Di PPT Bhinneka Sawahan Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing : Nanang Rokhman Saleh, S.Ag., M. Th.i., Dalam pengembangan bahasa pada anak usia dini menekankan pada bagaimana agar anak mampu menggunakan dan mengekpresikan bahasa dengan kata-kata seperti ucapan yang dapat di pahami oleh orang lain. Sehingga fungsi bahasa bisa tercapai sebagai alat komunikasi terutama pada anak usia 3 – 4 tahun. Maka dari itu diperlukan sebuah metode yang tepat dalam pengembangan dan peningkatan bahasa anak melalui metode pembelajaran tanya jawab. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Kemampuan Berbahasa melalui Metode Tanya jawab dengan Media Buku Bergambar Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Bhinneka Sawahan Surabaya. Jenis metode penelitian ini adalah kuantatif dengan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah anak kelompok B di PPT Bhinneka Sawahan Surabaya dengan jumlah 33 anak. Yang dilaksanakan di PPT Bhinneka Sawahan Surabaya mulai bulan Agustus 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan wawancara, dengan teknik analisis analisa data menggunakan deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun melalui metode tanya jawab dengan media buku bergambar di PPT Bhinneka Sawahan Surabaya adalah anak yang mempunyai kemampuan bahasa dengan kreteria belum berkembang lebih banyak daripada kreteria mulai berkembang, berkembang sesuai harapan, dan berkembang sangat baik. Anak yang mempunyai kemampuan bahasa dengan kreteria mulai berkembang lebih banyak daripada kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Sedangkan anak yang mempunyai kemampuan bahasa dengan kreteria berkembang sesuai harapan lebih banyak daripada kriteria berkembang sangat baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun melalui metode tanya jawab dengan media buku bergambar di PPT Bhinneka Sawahan Surabaya yang paling banyak adalah anak yang memiliki kreteria belum berkembang dan yang paling sedikit adalah anak yang mempunyai kemampuan bahasa dengan kriteria berkembang sangat baik. Disarankan guru lebih kreatif dan inofatif dalam meningkatkan kemampuan anak usia dini.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSaleh, Nanang RokhmanNIDN0715117602nanang_kh.aslie@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Bahasa, Metode Tanya Jawab, Media Bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:36
Last Modified: 11 Apr 2023 03:58
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8287

Actions (login required)

View Item View Item