INTAWAN, INTAWAN
(2020)
GAMBARAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN METODE BERNYANYI PADA SISWA KELOMPOK A DI RA MAMBAUL HISAN BABATAN WIYUNG SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Intawan,2020. Gambaran kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris dengan
metode bernyanyi pada siswa kelompok A di RA Mamba’ul Hisan Babatan –
Wiyung Surabaya. Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama
Surabaya.
Pendidikan anak usia dini sudah mulai mengenalkan bahasa asing salah satunya
adalah bahasa Inggris. Pengenalan kosakata bahasa Inggris bisa dilakukan melalui
metode bernyanyi. Dengan bernyanyi anak akan merasa gembira, tidak merasa
bosan meskipun kegiatan bernyanyi dilakukan secara berulang-ulang. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris
dengan metode bernyanyi pada kelompok A di RA Mamba’ul Hisan BabatanWiyung
Surabaya.
Metode
dalam
penelitian
ini
adalah
deskripsi
kualitatif
sebagai
pendekatan
penelitian.
Subyek
dalam
penelitian
ini
adalah
siswa
kelompok
A1
dan
juga
melibatkan
guru
serta
orang
tua.
Teknik
pengumpulan
data
yang digunakan
adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah model interaktif. Dalam masa pandemic Covid-19 maka
penelitian di lakukan secara daring, peneliti tidak bisa melaksanakan secara tatap
muka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bernyanyi dapat
meningkatkan kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris dalam hal menirukan
kosakata bahasa Inggris, menyebutkan benda yang diperlihatkan oleh guru, dan
menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris secara individu. Hampir seluruh siswa
dapat mengenal kosakata bahasa Inggris dengan metode bernyanyi.
Actions (login required)
|
View Item |