GAMBARAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN METODE BERNYANYI PADA SISWA KELOMPOK A DI RA MAMBAUL HISAN BABATAN WIYUNG SURABAYA

INTAWAN, INTAWAN (2020) GAMBARAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN METODE BERNYANYI PADA SISWA KELOMPOK A DI RA MAMBAUL HISAN BABATAN WIYUNG SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200001_abstract.pdf

Download (752kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26596.html

Abstract

Intawan,2020. Gambaran kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris dengan metode bernyanyi pada siswa kelompok A di RA Mamba’ul Hisan Babatan – Wiyung Surabaya. Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pendidikan anak usia dini sudah mulai mengenalkan bahasa asing salah satunya adalah bahasa Inggris. Pengenalan kosakata bahasa Inggris bisa dilakukan melalui metode bernyanyi. Dengan bernyanyi anak akan merasa gembira, tidak merasa bosan meskipun kegiatan bernyanyi dilakukan secara berulang-ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris dengan metode bernyanyi pada kelompok A di RA Mamba’ul Hisan BabatanWiyung Surabaya. Metode dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif sebagai pendekatan penelitian. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A1 dan juga melibatkan guru serta orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Dalam masa pandemic Covid-19 maka penelitian di lakukan secara daring, peneliti tidak bisa melaksanakan secara tatap muka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris dalam hal menirukan kosakata bahasa Inggris, menyebutkan benda yang diperlihatkan oleh guru, dan menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris secara individu. Hampir seluruh siswa dapat mengenal kosakata bahasa Inggris dengan metode bernyanyi.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kosakata bahasa Inggris, metode bernyanyi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:44
Last Modified: 11 Apr 2023 03:38
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8295

Actions (login required)

View Item View Item