MENINGKATKAN KOSA KATA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA WAYANG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NURUL AMIN RUNGKUT SURABAYA

AMINAH, SITI (2020) MENINGKATKAN KOSA KATA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA WAYANG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NURUL AMIN RUNGKUT SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200007_abstract.pdf

Download (740kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26723.html

Abstract

Siti Aminah, 2020, “Meningkatkan Kosa Kata Melalui Metode bercerita Menggunakan Media Boneka Wayang Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nurul Amin Rungkut - Surabaya”. Skripsi. Program Study SI Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Upaya meningkatkan atau melatih kemampuan berbahasa pada anak usia dini, hendaknya dilakukan melalui kegiatan pembelajaran yang aktif dan kreatif, salah satunya yakni dengan menggunaan media boneka wayang karakter keluarga. Boneka wayang sebagai media pembelajaran dengan bentuk media boneka wayang dari kertas berbentuk gambar orang.Melalui media boneka wayang akan digalih kemampuan kosa kata anak dengan menggunakan kosa kata umum ( kata sifat) dan kosa kata khusus (kosa kata waktu) sebagai evaluasi akhir di dalam pembelajaran, karena kata sifat dan kosa kata waktu lebih umum dan lebih sering didengar oleh anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan kosa kata pada anak usia 4-5 Tahun di TK Nurul Amin dapat meningkat melalui metode bercerita menggunakan boneka wayang. Subjek dari penelitian ini adalah anak usia 4- 5 Tahun di TK Nurul Amin yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunkanan adalah diskriptif kuntitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa anak khususnya pada upaya meningkatkan kosakata anak, sebagai berikut hasil penelitian pra-siklus adalah 46, 25 % dengan kategori cukup baik, untuk rata-rata hasil penelitian siklus I mencapai 71, 025 % dengan kategori baik, dan untuk rata-rata hasil penelitian siklusII meningkat menjadi 91,6 % dengan kategori baik sekali. Kesimpulann peneltian ini menunjukkan bahwa metode bercerita dengan menggunakan media boneka wayang dapat meningkatkan kemampuan kosa kata anak usia 4-5 tahun di TK.Nurul Amin Rungkut-Surabaya. Disarankan kepada guru agar memberikan pembelajaran yang lebih menarik ,agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSunanto, SunantoNIDN0731128404alif30@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kosa kata, metode bercerita, media wayang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:11
Last Modified: 11 Apr 2023 03:40
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8309

Actions (login required)

View Item View Item