RUISSAH, UMI
(2020)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENIRU GERAKAN SENAM DI PPT TUNAS INDONESIA SUKOMANUNGGAL SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
UMI RU’ISSAH 2020, UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MOTORIK KASAR ANAK PADA USIA 3-4 TAHUN MELALUI KEGITAN
MENIRU GERAKAN SENAM DI PPT TUNAS INDONESIA
SUKOMANUNGGAL SURABAYA. Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Guru
Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul
Ulama. Pembimbing BERDA ASMARA, S.Pd, M.Pd.
Kemampuan Motorik Kasar anak belum berkembang secara optimal karena
dalam menirukan Gerakan senam anak masih belum dapat mengontrol gerak tubuh.
Untuk meningkatkan kemampuan motirik kasar, guru harus menstimulasi dengan
kegitan yang menarik bagi anak, untuk mengajak anak bergerak dengan kegiatan
meniru Gerakan Senam.
Tujuan penelitihan meningkatkan kemamapuan motorik kasar anak usia 3-4
tahun dengan meniru gerakan senam. Metode penelitihan ini tindakan kelas. Subjek
penelitihanya siswa pada PPT Tunas IndonesiaSukomanunggal Surabaya dengan
usia 3-4 tahun yang berjumlah 12 anak. Teknis analisis data yang digunakan yaitu
teknik deskriptif.
Kemampuan motorik kasar dalam meniru gerakan senam di PPT Tunas
Indonesia Sukomanunggal Surabaya. Pada Pra Siklus sebesar 66,66% yang belum
berkembang pada kreteria Belum Berkembang, Pada Siklus I dilakukan tindakan
melalui kegiatan meniru gerakan senam ceria meningkat menjadi 50% Pada
Kreteria Berkembang Sesuai Harapan, dan meningkat pada pada Siklus II menjadi
83,33% pada Kreteria berkembang Sangat Baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan
kemampuan motorik kasar anak pada usia 3-4 tahun melalu kegiatan meniru
gerakan senam di PPT Tunas Indonesia Sukomanunggal Surabaya. Disarankan
kepada guru harus kreatif dan variatif dalam memberikan kegiatan pembelajaran
sehingga anak tidak cepat bosan dan perkembangan motorik kasarnya lebih
terstimulasi dengan optimal.
Actions (login required)
|
View Item |