PENINGKATAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN LASY BLOCK (LEGO) DI TK NURUL AMIN KEC.RUNGKUT SURABAYA

ZULIATININGSIH, ZULIATININGSIH (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN LASY BLOCK (LEGO) DI TK NURUL AMIN KEC.RUNGKUT SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200035_abstract.pdf

Download (757kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26852.html

Abstract

Zuliatiningsih, 2020. “Peningkatan Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok B Melalui Permainan Lasy Block (Lego) Di TK Nurul Amin Rungkut Surabaya”. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Problem solving merupakan suatu kemampuan untuk memecahkan masalah. Problem solving pada anak usia dini adalah ketika anak menemukan suatu masalah lalu timbul pemecahan masalah berupa pemikiran atau perbuatan. Namun pada realitanya, kemampuan problem solving belum berkembang pada anak di TK.Nurul Amin, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan problem solving pada anak kelompok B di TK Nurul Amin dapat meningkat melalui permainan lasy block (lego). Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok B di TK.Nurul Amin yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Metode pelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data dengan teknnik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif yang dipadukan dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan problem solving anak kelompok B di TK.Nurul Amin Kec.Rungkut Surabaya pada pra siklus rata-rata 45,62 % dengan kriteria anak masih mulai berkembang (MB). Pada pelaksanaan siklus I keberhasilannya mencapai 67,5 % dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Pada pelaksanaan siklus II keberhasilannya mencapai 88,12 % dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa permainan lasy block (lego) dapat meningkatkan kemampuan problem solving anak kelompok B di TK.Nurul Amin Kec. Rungkut Surabaya. Disarankan kepada guru untuk memberikan Pembelajaran dengan menggunakan media dan strategi pembelajaran yang lebih menarik, agar pembelajaran bisa berjalan lebih optimal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaikhon, MuhammadNIDN0722128302muhammadsay87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: problem solving,permainan lego, anak kelompok B
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:18
Last Modified: 11 Apr 2023 05:23
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8313

Actions (login required)

View Item View Item