PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA PIGURA BUAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK AN NUR KECAMATAN TENGGILIS MEJOYO SURABAYA

KHIQMIAH AS, FADHILATUL (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA PIGURA BUAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK AN NUR KECAMATAN TENGGILIS MEJOYO SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200036_abstract.pdf

Download (920kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26855.html

Abstract

Fadhilatul Khiqmiah AS, 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Melalui Media Pigora Buah Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini di TK AN NUR Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya”. Penelitian kualitatif deskriptif Pendidikan Guru Pendikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruann dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Muhammad Syaikhon S.H.I., M.H.I. Penelitian ini di latar belakangi oleh uniknya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dalam kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di TK AN NUR Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya. Media yang digunakan tersebut adalah media pigura buah yang belum digunakan oleh lembaga pendidikan anak usia dini yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran mengenal konsep bilangan melalui media pigura buah pada anak usia dini di tk an nur kecamatan tenggilis mejoyo surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah peserta didik, kepala sekolah, dan para pendidik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan cara melakukan mengumpulkan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran melalui media pigora buah terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di tk an nur kecamatan tenggilis mejoyo surabaya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan cara melakuan yang berdasarkan pada Permendiknas no 58 Tahun 2009 yaitu (PROTA), (PROMES), (RPPM), (RPPH), serta persiapan jenis pemebelajaran mengenal konsep bilangan. pelaksanaan dilakukan sesuai dengan perencaan yang terdiri dari kegiatan pembuka, inti, dan penutup. Evaluasi dilakuna dengan cara observasi, wawancara, dan unjuk kerja. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran melalui media pigora buah terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di tk an nur kecamatan tenggilis mejoyo surabaya dilakuan melalui 3 tahap yaitu perencanan, pelaksaan, dan evaluasi yang dilalukan dengan baik dan hasil yang memuaskan. Disarankan kepada guru, lembaga dan peneliti selanjutnya yang sangat menunjang dalam perkembangan kognitif melalui pembelajaran mengenal konsep bilangan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaikhon, MuhammadNIDN0722128302muhammadsay87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media Pigura Buah, Mengenal Konsep Bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:22
Last Modified: 26 Jan 2022 03:22
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8316

Actions (login required)

View Item View Item