KHIQMIAH AS, FADHILATUL
(2020)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA PIGURA BUAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK AN NUR KECAMATAN TENGGILIS MEJOYO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Fadhilatul Khiqmiah AS, 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Melalui Media
Pigora Buah Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia
Dini di TK AN NUR Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya”. Penelitian
kualitatif deskriptif Pendidikan Guru Pendikan Anak Usia Dini Fakultas
Keguruann dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Pembimbing Muhammad Syaikhon S.H.I., M.H.I.
Penelitian ini di latar belakangi oleh uniknya media pembelajaran yang
digunakan oleh pendidik dalam kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak
usia dini di TK AN NUR Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya. Media yang
digunakan tersebut adalah media pigura buah yang belum digunakan oleh
lembaga pendidikan anak usia dini yang lain.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan
model pembelajaran mengenal konsep bilangan melalui media pigura buah pada
anak usia dini di tk an nur kecamatan tenggilis mejoyo surabaya. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Subyek penelitian adalah peserta didik, kepala sekolah, dan para pendidik. Teknik
analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan cara melakukan
mengumpulkan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
melalui media pigora buah terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada
anak usia dini di tk an nur kecamatan tenggilis mejoyo surabaya terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan cara
melakuan yang berdasarkan pada Permendiknas no 58 Tahun 2009 yaitu
(PROTA), (PROMES), (RPPM), (RPPH), serta persiapan jenis pemebelajaran
mengenal konsep bilangan. pelaksanaan dilakukan sesuai dengan perencaan yang
terdiri dari kegiatan pembuka, inti, dan penutup. Evaluasi dilakuna dengan cara
observasi, wawancara, dan unjuk kerja.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran melalui media pigora buah terhadap kemampuan mengenal konsep
bilangan pada anak usia dini di tk an nur kecamatan tenggilis mejoyo surabaya
dilakuan melalui 3 tahap yaitu perencanan, pelaksaan, dan evaluasi yang dilalukan
dengan baik dan hasil yang memuaskan. Disarankan kepada guru, lembaga dan
peneliti selanjutnya yang sangat menunjang dalam perkembangan kognitif melalui
pembelajaran mengenal konsep bilangan.
Actions (login required)
|
View Item |