PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK USIA 2-3 TAHUN DI PPT MATAHARI SURABAYA

ASTUTIK, NAPSIYAH ANDRI (2020) PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK USIA 2-3 TAHUN DI PPT MATAHARI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200087_abstract.pdf

Download (890kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27443.html

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan percaya diri anak di PPT Matahari Surabaya. Dari 20 anak hanya 8 anak yang mampu berani tampil dan percaya diri maju ke depan kelas. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti menerapkan kegiatan metode bercerita untuk meningkatkan percaya diri anak. Bercerita dengan boneka tangan anak-anak akan tertarik dan merasa senang serta tidak akan bosan dengan cerita yang lucu dan menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan percaya diri anak usia 2-3 tahun melalui penerapan metode bercerita dengan boneka tangan di PPT Matahari Surabaya. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di kelas. Analisa data dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan percaya diri yang dicapai anak didik usia 2- 3 tahun di PPT Matahari Surabaya mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya, yaitu pra siklus sebesar 40,6 % dengan kriteria mulai/ belum berkembang (MB), kemudian mengalami peningkatan pada siklus sebesar 62,18% dengan krieteria Berkembang Sesuai Harapan(BSH) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 79,69%, debngan kriteria Berkembang Sesuai Harapan( BSB) sehingga kemampuan percaya diri anak sudah sesuai harapan yaitu 75% Kesimpulan penelitian ini berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan percaya diri pada anak usia 2-3 tahun meningkat sesuai harapan melalui kegiatan bercerita menggunakan boneka tangan di PPT Matahari kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya. Disarankan kepada guru untuk memberikan pembelajaran diharuskan lebih maksimal terutama dalam ekspresi dan bahasa tubuh dalam bercerita.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMariati, PanceNIDN0726038802pance_mariati@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bercerita, Boneka Tangan, Percaya Diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:40
Last Modified: 11 Apr 2023 08:31
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8324

Actions (login required)

View Item View Item