NEVILLIA, YURIZKA
(2020)
META ANALISIS PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap
hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan
kuantitatif dengan jenis penelitian meta analisis, teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara dokumentasi, mengambil empat jurnal yang ada pada
google scholar atau google cendekia. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil
belajar siswa Sekolah Dasar yang berbeda tempatnya pada kelas eksperimen yang
menggunakan media komik sebagai kegiatan pembelajaran lebih meningkat
dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media komik dalam kegiatan
pembelajaran dengan nilai rata-rata kelas kontol sebesar 51,10 dan kelas
eksperimen sebesar 65,11, 2) Penggunaan media komik memiliki pengaruh
terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar yang berbeda tempatnya, hal tersebut
dapat dilihat dari adanya perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol dan kelas
eksperimen sebesar 14,01. Saran yang bisa diberikan pada guru adalah hendaklah
kreatif dalam membuat menggunakan media komik dalam kegiatan pembelajaran,
pada kepala sekolah, hendaklah membimbing guru agar kreatif dalam
menerapkan media komik dalam kegiatan pembelajaran, peneliti selanjutnya,
hedaklah hasil studi meta analisis ini dapat dijadikan rujukan dalam melakukan
kegiatan penelitian selanjutnya.
Actions (login required)
|
View Item |