META ANALISIS PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

NEVILLIA, YURIZKA (2020) META ANALISIS PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200018_abstract.pdf

Download (590kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26973.html

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian meta analisis, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, mengambil empat jurnal yang ada pada google scholar atau google cendekia. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil belajar siswa Sekolah Dasar yang berbeda tempatnya pada kelas eksperimen yang menggunakan media komik sebagai kegiatan pembelajaran lebih meningkat dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media komik dalam kegiatan pembelajaran dengan nilai rata-rata kelas kontol sebesar 51,10 dan kelas eksperimen sebesar 65,11, 2) Penggunaan media komik memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar yang berbeda tempatnya, hal tersebut dapat dilihat dari adanya perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 14,01. Saran yang bisa diberikan pada guru adalah hendaklah kreatif dalam membuat menggunakan media komik dalam kegiatan pembelajaran, pada kepala sekolah, hendaklah membimbing guru agar kreatif dalam menerapkan media komik dalam kegiatan pembelajaran, peneliti selanjutnya, hedaklah hasil studi meta analisis ini dapat dijadikan rujukan dalam melakukan kegiatan penelitian selanjutnya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNafiah, NafiahNIDN0723128403nefi_23@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: media komik, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:50
Last Modified: 12 Apr 2023 07:37
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8329

Actions (login required)

View Item View Item