NURLAILI, SITI
(2020)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MALONGKA (MARI LOMPAT ANGKA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED TERKAIT OPERASI BILANGAN.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penggunaan media pembelajaran dapat menarik perhatian dan antusias
siswa dalam belajar matematika. Media dapat membantu siswa memahami materi
matematika dan menumbuhkan kreatifitas siswa dalam menemukan berbagai
macam jawaban. Akan tetapi, penggunaan media saat ini masih terbatas di sekolah.
Salah satu model pembelajaran matematika ialah model pembelajaran open ended,
pembelajaran open ended ditunjukkann dengan siswa melakukan kegiatan belajar
secara bebas dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan permainan tradisional engkle menjadi media
pembelajaran. Media yang dikembangkan diberi nama Malongka (mari lompat
angka) operasi bilangan. Pengembangan media ini ditinjau dari segi proses,
kualitas, dan efektivitas penggunaannya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan (R&D). Langkah-langkah yang digunakan adalah model Sugiyono
serta Borg dan Gall. Langkah-langkah tersebut dimodifikasi ke dalam enam
langkah pengembangan, yaitu: mencari potensi dan masalah, menyusun
perencanaan, membuat desain produk, melakukan validasi produk, revisi produk,
dan uji coba produk. Uji coba produk dilakukan secara skala kecil kepada enam
siswa kelas II SD Hidayatur Rohman Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020.
Hasil dari penelitian ini adalah. (1) media ini mempunyai aspek, antara lain:
menarik, menyenangkan, dan menumbuhkan kreativitas siswa (2) Kualitas media
Malongka Operasi Bilangan memiliki kualitas yang “sangat baik” dengan rata-rata
skor 3,3. (3) Hasil tes siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan
menggunakan media Malongka dalam menyelesaikan soal open ended terkait
Operasi Bilangan mengalami kenaikan sebesar 128,2% serta siswa lebih aktif dalam
mengikuti proses pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |