PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MALONGKA (MARI LOMPAT ANGKA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED TERKAIT OPERASI BILANGAN

NURLAILI, SITI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MALONGKA (MARI LOMPAT ANGKA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED TERKAIT OPERASI BILANGAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200019_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26985.html

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dapat menarik perhatian dan antusias siswa dalam belajar matematika. Media dapat membantu siswa memahami materi matematika dan menumbuhkan kreatifitas siswa dalam menemukan berbagai macam jawaban. Akan tetapi, penggunaan media saat ini masih terbatas di sekolah. Salah satu model pembelajaran matematika ialah model pembelajaran open ended, pembelajaran open ended ditunjukkann dengan siswa melakukan kegiatan belajar secara bebas dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan tradisional engkle menjadi media pembelajaran. Media yang dikembangkan diberi nama Malongka (mari lompat angka) operasi bilangan. Pengembangan media ini ditinjau dari segi proses, kualitas, dan efektivitas penggunaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Langkah-langkah yang digunakan adalah model Sugiyono serta Borg dan Gall. Langkah-langkah tersebut dimodifikasi ke dalam enam langkah pengembangan, yaitu: mencari potensi dan masalah, menyusun perencanaan, membuat desain produk, melakukan validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Uji coba produk dilakukan secara skala kecil kepada enam siswa kelas II SD Hidayatur Rohman Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil dari penelitian ini adalah. (1) media ini mempunyai aspek, antara lain: menarik, menyenangkan, dan menumbuhkan kreativitas siswa (2) Kualitas media Malongka Operasi Bilangan memiliki kualitas yang “sangat baik” dengan rata-rata skor 3,3. (3) Hasil tes siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan media Malongka dalam menyelesaikan soal open ended terkait Operasi Bilangan mengalami kenaikan sebesar 128,2% serta siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHartatik, SriNIDN0706118102titax@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: metode penelitian dan pengembangan, media malongka, soal open eded, dan operasi bilangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:53
Last Modified: 12 Apr 2023 07:38
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8332

Actions (login required)

View Item View Item