LAILY, ULVI NUR
(2020)
PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA KELAS IV SD KHADIJAH SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini mengenai pengaruh gaya mengajar guru terhadap kecerdasan visualspasial
siswa kelas IV SD Khadijah Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui gaya mengajar yang digunakan guru kelas IV, untuk mengetahui
kecerdasan visual-spasial siswa kelas IV dan untuk mengetahui pengaruh gaya
mengajar guru terhadap kecerdasan visual-spasial siswa kelas IV. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian
korelasional, jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 123 siswa dengan jumlah
sampel sebanyak 95 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan
jumlah soal 23 soal variabel X dan 15 soal variabel Y yang valid dengan nilai
reliabel sebesar 0.893 (variabel X) dan 0.783 (variabel Y). Teknik analisis data
menggunakan uji pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: 1) gaya mengajar yang digunakan guru kelas IV adalah klasik 31.58%,
teknologis 38.95%, personalisasi 7.37%, dan interaksional 22.1%, 2) Kecerdasan
visual-spasial dari 72 siswa kelas IV (75.8%) berada pada kategori tinggi, 22 siswa
(23.2%) berada pada tingkat sedang, dan 1 siswa (1.1%) berada pada kategori
rendah, 3) Gaya mengajar guru memiliki pengaruh sedang terhadap kecerdasan
visual-spasial siswa kelas IV dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.521 dan nilai
signifikansi sebesar 0.000 < 0.01. Saran yang direkomendasikan pada penelitian ini
untuk peneliti lain, guru, dan sekolah agar menerapkan gaya mengajar yang sesuai
dengan kecerdasan visual-spasial siswa.
Actions (login required)
|
View Item |