HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SDN KUTISARI II SURABAYA

SHOLIHAH, NUR LAILI HABIBATUSH (2020) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SDN KUTISARI II SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200021_abstract.pdf

Download (574kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27007.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca di perpustakaan sekolah dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Kutisari II Surabaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 51 siswa. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Validasi penelitian ini adalah dosen ahli di bidang pendidikan dan menggunakan program SPSS. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik non parametrik dengan analisis uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan membaca termasuk kategori baik sebesar 57%, hasil belajar Bahasa Indonesia termasuk kategori cukup baik sebesar 29%. Kebiasaan membaca di perpustakaan sekolah mempunyai hubungan positif yang ditunjukkan oleh hasil uji korelasi perason pada nilai correlation coefficient sebesar 0,360 yang berarti 0,360 ≥ 0,01. Hasil taraf signifikan sebesar 0,009 (0,009 < 0,01). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kebiasaan membaca di perpustakaan dengan hasil belajar Bahasa Indonesia termasuk dalam kategori rendah yaitu pada nilai correlation coefficient sebesar 0,360 (0,20 – 0,3999).

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKasiyun, SuharmonoNIDN0719035301suharmono@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Membaca, Perpustakaan Sekolah, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:59
Last Modified: 12 Apr 2023 07:39
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8336

Actions (login required)

View Item View Item