LATIFAH, ENI
(2020)
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA TABUNG ANGKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT SEKAR WANGI TANDES SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Media tabung angka adalah media pembelajaran yang dapat meningkatkan perkembangan berhitung permulaan anak, karena media tabung angka sangat menarik perhatian dan minat anak . Melalui media tabung angka anak-anak akan tertarik dan tidak merasa bosan karena media pembelajaran ini menyajikan angka dalam bentuk konkret sehingga kegiatan berhitung menjadi menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak pada anak kelompok B di PPT Sekar wangi kecamatan Tandes kota Surabaya melalui media tabung angka. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan statistik deskriptif yaitu analisis refleksi berdasar siklus. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berhitung permulaan anak didik kelompok B PPT Sekar Wangi Surabaya mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Kemampuan berhtung permulaan anak mengalami peningkatan sebesar 32,92%. pada siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 51,24% meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase sebesar 84,16. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran melalui media tabung angka ini dinyatakan berhasil karena kemampuan berhitung permulaan anak sudah sesuai harapan dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan secara umum. Hal ini karena media tabung angka adalah media yang sangat disukai oleh anak, sehingga dalam mengikuti kegiatan berhitung permulaan anak merasa senang dan tertarik.
Actions (login required)
|
View Item |