PEMANFAATAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK BUNDA GHIFARI KECAMATAN KENJERAN SURABAYA

STEFFI, LA (2020) PEMANFAATAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK BUNDA GHIFARI KECAMATAN KENJERAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200094_abstract.pdf

Download (420kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27527.html

Abstract

Mayoritas anak-anak di TK Bunda Ghifari menggunakan bahasa ibu (Bahasa Madura) dalam kesehariannya. Jika dikaitkan dengan perkembangan bahasa anak-anak sebaiknya tidak hanya belajar bahasa itu saja, karena semakin banyak kosakata yang dimiliki seorang maka semakin trampil pula dia berbahasa. Untuk mengetahui dan mengembangkan kemamouan kosakata oada anak, peneliti menggunakan media boneka tangan dalam penyampaian cerita. Karena media boneka tangan dalam penyampaian cerita, media boneka tangan menarik dan cocok untuk anak TK. Desain penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pnelitian adalah anak Usia 5-6 Tahun atau Kelompok B TK Bunda Ghifari Kecamatan Kenjeran Surabaya yang berjumlah 20 anak. Pada penelitian tentang anak dapat mengulang kalimat kembali kalimat yang didengarnya meningkat menjadi 85%, menirukan kalimat sederhana 90%, berani bertanya secara sederhana 90%,dapat menjawab siapa, mengapa, diamana, berapa, bagaimana 95%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan kosakata dalam mengikuti pembelajaran metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan. Oleh sebab itu, secara umum media boneka tangan tersebut layak digunakan sebagai media alternatif di TK Bunda Ghifari. Sehingga dapat Mengambangkan kemampuan kosakata pada anak

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSunanto, SunantoNIDN0731128404alif30@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Boneka Tangan, Kosa Kata, Bahasa, Metode Cerita,Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:22
Last Modified: 11 Apr 2023 08:51
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8344

Actions (login required)

View Item View Item