STEFFI, LA
(2020)
PEMANFAATAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK BUNDA GHIFARI KECAMATAN KENJERAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Mayoritas anak-anak di TK Bunda Ghifari menggunakan bahasa ibu (Bahasa Madura)
dalam kesehariannya. Jika dikaitkan dengan perkembangan bahasa anak-anak sebaiknya tidak
hanya belajar bahasa itu saja, karena semakin banyak kosakata yang dimiliki seorang maka
semakin trampil pula dia berbahasa.
Untuk mengetahui dan mengembangkan kemamouan kosakata oada anak, peneliti
menggunakan media boneka tangan dalam penyampaian cerita. Karena media boneka tangan
dalam penyampaian cerita, media boneka tangan menarik dan cocok untuk anak TK.
Desain penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjek pnelitian adalah anak Usia 5-6 Tahun atau Kelompok B TK Bunda Ghifari Kecamatan
Kenjeran Surabaya yang berjumlah 20 anak.
Pada penelitian tentang anak dapat mengulang kalimat kembali kalimat yang
didengarnya meningkat menjadi 85%, menirukan kalimat sederhana 90%, berani bertanya
secara sederhana 90%,dapat menjawab siapa, mengapa, diamana, berapa, bagaimana 95%. Dari
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan kosakata dalam mengikuti
pembelajaran metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan.
Oleh sebab itu, secara umum media boneka tangan tersebut layak digunakan sebagai
media alternatif di TK Bunda Ghifari. Sehingga dapat Mengambangkan kemampuan kosakata
pada anak
Actions (login required)
|
View Item |