JANNAH, ROICHATUL
(2020)
EFEKTIVITAS PERMAINAN MERONCE BOMBIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK CORDOVA ISLAMIC SCHOOL SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Roichatul Jannah, 2020. “Efektivitas Permainan Meronce Bombik Terhadap
Kmampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini di TK Cordova
Islamic School Surabaya” Penelitian Kualitatif. Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul
Ulama Surabaya. Pembimbing Muhammad Syaikhon S.H.I, M.H.I
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh uniknya metode pembelajaran yang digunakan
oleh pendidik di TK Cordova Islamic School Surabaya dalam mengenalkan
konsep bilangan pada anak usia dini. Metode tersebut adalah permainan bombik
yang dilakukan dengan cara meronce, dimana pada umumnya dilakukan dengan
cara dirangkai.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Adapun subjek penelitian adalah para siswa, guru kelas, guru pendamping, dan
kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan teknik
triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan model analisis
interaktif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan meronce bombik dalam
mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini di TK Cordova Islamic School
Surabaya dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan,
dilakukan sebelum memulai kegiatan belajar, menyiapkan RPPM, RPPH sesuai
dengan Kurikulum K-13, dan menyiapkan media yang akan digunakan.
Pelaksanaan dilakukan dalan pembelajaran jarak jauh sesuai perencanaan yang
telah dibuat sebelumnya. Evaluasi atau penilaian digunakan untuk mengetahui
kemampuan yang dimiliki anak. Penilaian diberikan kepada siswa yang mampu
meronce dan menghitung jumlah bombik dengan benar tanpa bantuan, juga
kepada siswa yang belum mampu.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa permainan meronce bombik
sangat efektif dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini di TK
Cordova Islamic School Surabaya. Dibuktikan dengan prestasi atau kemampuan
siswa yang hampir semunya mampu mengenal konsep bilangan. Disarankan guru
untuk lebih kreatif lagi dalam strategi pembelajaran yang diberikan kepada siswa.
Actions (login required)
|
View Item |