EFEKTIVITAS PERMAINAN MERONCE BOMBIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK CORDOVA ISLAMIC SCHOOL SURABAYA

JANNAH, ROICHATUL (2020) EFEKTIVITAS PERMAINAN MERONCE BOMBIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK CORDOVA ISLAMIC SCHOOL SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200050_abstract.pdf

Download (613kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26878.html

Abstract

Roichatul Jannah, 2020. “Efektivitas Permainan Meronce Bombik Terhadap Kmampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini di TK Cordova Islamic School Surabaya” Penelitian Kualitatif. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Muhammad Syaikhon S.H.I, M.H.I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh uniknya metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik di TK Cordova Islamic School Surabaya dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini. Metode tersebut adalah permainan bombik yang dilakukan dengan cara meronce, dimana pada umumnya dilakukan dengan cara dirangkai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek penelitian adalah para siswa, guru kelas, guru pendamping, dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan meronce bombik dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini di TK Cordova Islamic School Surabaya dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan, dilakukan sebelum memulai kegiatan belajar, menyiapkan RPPM, RPPH sesuai dengan Kurikulum K-13, dan menyiapkan media yang akan digunakan. Pelaksanaan dilakukan dalan pembelajaran jarak jauh sesuai perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Evaluasi atau penilaian digunakan untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki anak. Penilaian diberikan kepada siswa yang mampu meronce dan menghitung jumlah bombik dengan benar tanpa bantuan, juga kepada siswa yang belum mampu. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa permainan meronce bombik sangat efektif dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini di TK Cordova Islamic School Surabaya. Dibuktikan dengan prestasi atau kemampuan siswa yang hampir semunya mampu mengenal konsep bilangan. Disarankan guru untuk lebih kreatif lagi dalam strategi pembelajaran yang diberikan kepada siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaikhon, MuhammadNIDN0722128302muhammadsay87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Konsep bilangan, media bombik, meronce bombik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:23
Last Modified: 26 Jan 2022 04:23
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8345

Actions (login required)

View Item View Item