PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4 SAMPAI 5 TAHUN DI TK AISYIYAH 61 SUKOMANUNGGAL SURABAYA

MURIYANI, KASIYATI TITIK (2020) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4 SAMPAI 5 TAHUN DI TK AISYIYAH 61 SUKOMANUNGGAL SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200095_abstract.pdf

Download (785kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27528.html

Abstract

Kasiyati Titik Muriyani, 2020. Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Demonstrasi di TK Aisyiya 61 Surabaya. Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Berda Asmara, S.Pd., M.Pd. Kesiapan sosial emosional seorang anak merupakan faktor penting bagi keberhasilan pengembangan anak di TK. Dalam penguasaan ketrampilan, anak lebih mudah mempelajarinya dengan cara menirukan seperti apa yang dilakukan oleh guru. Salah satu metode pembelajaran yang tepat adalah dengan metode demonstrasi karena memberi pengalaman belajar melalui perbuatan melihat dan mendengarkan yang diikuti dengan meniru pekerjaan yang didemonstrasikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah 61 Sukomanunggal Surabaya terutama pada kemampuan anak dalam menunggu giliran berbaris masuk kelas, berbaris berwudhu, berbaris cuci tangan melalui metode demonstrasi. Metode penelitian dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional anak dalam menunggu giliran berbaris masuk kelas, berbaris berwudhu, berbaris cuci tangan di TK Aisyiyah 61 Surabaya pada Pra Siklus sebesar 33,33% yang berada pada kriteria Belum Berkembang. Pada Siklus I dilakukan tindakan melalui kegiatan demonstrasi sehingga kemampuan sosial emosional anak dalam menunggu giliran berbaris masuk kelas, berbaris berwudhu, berbaris cuci tangan meningkat menjadi 25% pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan, dan pada Siklus II menjadi 80% pada kriteria Berkembang Sangat Baik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsmara, BerdaNIDN0709058701asmaraberda@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : sosial emosional, metode demonstrasi, anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:30
Last Modified: 11 Apr 2023 08:51
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8346

Actions (login required)

View Item View Item